get app
inews
Aa Read Next : Meriahkan Lomba 17-an, Bupati Kudus Hartopo ikut Balap Karung, Makan Krupuk Hingga Tarik Tambang

Mitigasi Bencana, Bupati Kudus Hartopo : Bentuk TRC Sampai ke Desa-desa

Kamis, 16 Februari 2023 | 09:12 WIB
header img
Banjir di Kudus beberapa waktu lalu. (Foto : Antara)

KUDUS,iNewsMuria.id-Bupati Kudus Hartopo mendukung dan memberi apresiasi kepada BPBD Kudus atas inisiasinya membentuk TRC Penanggulangan Bencana. Bahkan pihaknya berharap, TRC dapat segera dibentuk hingga tingkat desa. 

"Sangat apresiasi, TRC ini semoga cepat di-breakdown ke kecamatan sampai desa. Tujuannya agar mitigasi dan penanggulangan bencana lebih maksimal," kata Bupati Kudus Hartopo.

Hal itu dikatakan dalam rapat koordinasi bersama OPD terkait pembentukan Tim Reaksi Cepat (TRC) Penanggulangan Bencana di Kabupaten Kudus yang digelar Penanggulangan Bencana Daerah /BPBD Kudus.

Rakor dalam upaya optimalisasi mitigasi dan penanggulangan bencana di Kabupaten Kudus itu juga dihadiri Dandim 0722/Kudus, perwakilan Kapolres Kudus, dan OPD terkait. 

Bupati Kudus Hartopo mengingatkan pada OPD terkait, khususnya Dinas PUPR dan BPBD agar terus berkoordinasi dengan Kementerian PUPR dan pihak BBWS, terkait bantuan, pembangunan, dan normalisasi sungai yang telah diusulkan.

"Saya sering sampaikan pada OPD terkait terutama kepada PUPR dan BPBD untuk selalu berkoordinasi terkait pembangunan yang telah kita usulkan. Salah satunya mengenai kunjungan Pak Menteri PUPR yang akan memberi bantuan pada kita untuk segera ada tindak lanjut," ungkap Bupati Kudus.

Hartopo berharap, upaya mitigasi bencana yang telah dilakukan dapat segera direalisasikan agar bencana yang menimpa Kudus tidak terulang kembali. "Inilah pentingnya mitigasi, semoga yang telah kita rencanakan dapat segera direalisasikan. Sehingga tidak menjadi kendala dalam menghadapi musim hujan ke depan," harapnya.
 
Kalakhar BPBD Kudus, Mundir mengatakan, tugas pokok dan fungsi TRC Penanggulangan Bencana dimulai dari saat pra bencana, keadaan darurat, hingga pasca bencana.

"Tim ini akan bertugas untuk mitigasi dan penanggulangan bencana dimulai dari status keadaan darurat bencana sampai masa pemulihan pasca bencana," jelasnya. (*)

Editor : Langgeng Widodo

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut