get app
inews
Aa Read Next : Ratusan Pemuda Ikuti Seleksi Pemagangan Ke Jepang di BLK Grobogan, Ini Tahapannya

Digelar di Kudus, Seleksi Magang Ma'arif NU Jateng Sangat Ketat

Rabu, 19 Oktober 2022 | 15:06 WIB
header img
Seleksi nasional magang ke Jepang oleh LP Ma'arif NU Jawa Tengah.

KUDUS, iNewsMuria.id -  Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Tengah menjalin kerja sama dengan KEMNAKER RI dan IM Japan melaksanakan kegiatan Seleksi Nasional Pemagangan ke Jepang Tahun 2022.

Seleksi yang bertempatkan di SMK Ma'arif NU Kudus Desa Prambatan  Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus tersebut melibatkan 120 peserta dari SMK dan SMA.

Dalam kesempatan penyeleksian itu, nampak hadir Sutarno, Mehdi dari Kemenaker, Mr. Akasaka Jiro, Mr. Fukagawa, Mrs. Sugai dari IM Japan, R. Andi Irawan Ketua LP. Ma'arif NU Jateng, Sunardi direktur LSP P2 Ma'arif Jateng, dan Arif Zaenal Mubarok selaku Kepala SMK Ma'arif NU Kudus.

Mr. Asaka mengatakan seleksi kali ini dilakukan sangat ketat, maka perlu dipersiapkan dengan matang, "Dalam seleksi IM Japan sangat ketat, begitu juga kehidupan di Jepang sangat disiplin. Maka dalam mengikuti seleksi Magang Jepang ini dibutuhkan persiapan yang matang sehingga bisa melaluinya dengan baik," ujar Mr. Asaka, Senin (17/10/22).

Sementara Sutarno menuturkan, “Program Magang Jepang ini sudah berjalan selama 35 tahun dan sudah mengirimkan peserta magang lebih dari 40 ribu peserta," terang dia.

"Harapan pelaksanaan Magang Jepang, tak lain ialah, peseta bisa belajar budaya kerja kedisiplinan dan keilmuan masyarakat Jepang. Sehingga alumni peserta magang ketika sudah kembali ke Indonesia bisa mendapatkan modal usaha dan modal keterampilan sehingga bisa membantu menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia yang lain," paparnya.

R. Andi Irawan berharap agar peserta magang Jepang bisa menjalankan program magang dengan baik dan menyerap ilmu dari masyarakat Jepang serta selalu, menjalankan ibadah serta bersosial sesuai aqidah annahdliyah dimanapun tempatnya.

Acara seleksi ini akan digelar tanggal 17-21 Oktober 2022 dengan beberapa tes, seperti Matematika, Kesamaptaan, Lari, dan Wawancara. 

Editor : Achmad Fakhrudin

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut