Hari Santri Nasional 2022, Sepuluh Ribu Warga Nahdliyin Meriahkan Kirab Akbar di Pati

Achmad Fakhrudin
.
Sabtu, 22 Oktober 2022 | 21:11 WIB
Suasana Kirab HSN yang diselenggarakan PCNU Pati.

PATI,  iNewsMuria.id - Sekira sepuluh ribu warga Nahdlatul Ulama di Kabupaten Pati ikuti Kirab Akbar dalam memperingati Hari Santri Nasional 2022, Sabtu, 22/10/2022.

Kirab atas inisiasi  Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pati tersebut diikuti NU beserta Badan Otonom (Banom) tingkatan ranting hingga Cabang di seluruh Pati. Selain itu, para santri dari sejumlah Madrasah dan Pesantren juga turut memeriahkan kegiatan ini.

Sebelum kirab, warga Nahdliyin mengikuti apel di Alun-alun Pati. Pada apel itu, dihadiri oleh Penjabat (Pj) Bupati Pati Henggar Budi Anggoro, Kapolresta Pati AKBP Christian Tobing, Dandim 0718/Pati Letkol Inf Catur Irawan, dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pati Ali Badrudin.

 

Ketua PCNU Pati, KH Yusuf Hasyim mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada seluruh elemen masyarakat Kabupaten Pati, khususnya warga Nahdlatul Ulama. "Saya atas nama PCNU Kabupaten Pati juga menyampaikan terima kasih, khususnya kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Pati, Kapolresta, Pak Dandim dan Forkopimda semuanya yang telah mendukung luar biasa kegiatan ini, sehingga Hari Santri pada tahun ini sebegitu luar biasa meriahnya di luar eskpektasi," ucapnya.

KH Yusuf menyebut, peserta yang mengikuti kirab melampaui perkiraan. Pihaknya memprediksi kirab ini akan diikuti oleh 7000 orang. "Perkiraan panitia sekitar 7000-an yang bakal ikut serta, namun, pagi ini, ternyata mencapai lebih dari 10.000 peserta. Jadi antusiasme dari para santri-santri yang mengikuti apel dan kirab hari santri pada kali ini luar biasa," terang dia.

Sebelumnya, PCNU juga mengadakan beberapa kegiatan di HSN 2022 ini. Seperti Istighotsah yang berlangsung di Pendapa Kabupaten, pada Kamis (20/10/2022) malam, dan juga ziarah bersama di makam salah satu pahlawan dari kalangan santri, Gus Hasyim Mahfudh, pada Jumat (22/10/2022) sore. 

Editor : Achmad Fakhrudin

Follow Berita iNews Muria di Google News

Bagikan Artikel Ini