Logo Network
Network

Penting, Pendidikan Politik bagi Ormas

Langgeng Widodo
.
Jum'at, 16 September 2022 | 08:13 WIB
Penting, Pendidikan Politik bagi Ormas
Bupati Kudus Hartopo dalam pembukaan Pendidikan Politik Bagi Organisasi Kemasyarakatan di Gedung PPNI Kudus, Kamis (15/9) siang.(Poto : Humas Pemkab Kudus)

MURIA.iNews.id-Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) maupun Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) merupakan wadah partisipasi masyarakat yang didirikan secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kegiatan, maupun tujuan.

Menurut Bupati Kudus Hartopo, keduanya memiliki peran strategis sebagai mitra pemerintah dalam menggerakkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan daerah.

Sebagai organisasi maupun lembaga yang hidup dan berkembang di Indonesia, Bupati Kudus Hartopo berharap, setiap gerak dan aktivitasnya harus menjunjung tinggi nilai Pancasila.

"Setiap LSM maupun Ormas memiliki peran dan kontribusi masing-masing terhadap berjalannya pembangunan daerah," kata Bupati Kudus Hartopo dalam pembukaan Pendidikan Politik Bagi Organisasi Kemasyarakatan di Gedung PPNI Kudus, Kamis (15/9) siang.

"Oleh karena itu, sinergi harus terjalin baik dengan pemerintah. Junjung tinggi nilai Pancasila demi kepentingan bersama dalam berjalannya pembangunan daerah," katanya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Kudus Hartopo berterima kasih diucapkan pada seluruh LSM dan Ormas di Kabupaten Kudus karena turut menjaga keamanan wilayah di Kudus sehingga bisa tercipta suasana adem ayem.

Dalam pendidikan politik bagi organisasi kemasyarakatan itu, Bupaiti Kudus Hartopo mencoba meluruskan tentang pandangan sebagian masyarakat yang menganggap bahwa politik itu kotor.

Padahal, kata dia, pada dasarnya politik itu bentuk komitmen antara pemerinrah dengan masyarakat dalam meraih sebuah kekuasaan untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat.

"Pendidikan politik perlu menjadi pengetahuan bersama, pada dasarnya politik adalah hal yang sangat elegan. Tapi selama ini pola pandang masyarakat menganggap bahwa politik adalah kotor, itu salah. Karena politik adalah sebuah komitmen antara pemerintah dan masyarakat," tandasnya. (*)

Editor : Langgeng Widodo

Follow Berita iNews Muria di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.