Kenali Burung Cendet dan Rawatan Harian

Achmad Fakhrudin
Burung Cendet (foto: Instagram)

KUDUS, iNews.id - Burung Cendet dikenal masih kerabat jenis Laniidae bermuasal gen Lanius. Ia memiliki watak yang sangat garang dan dapat disebut sebagai burung predator. Di Indonesia, kebanyakan Cendet disebut Pentet, Cendet atau Bentet.

Orang barat menyebut burung Cendet sebagai burung topeng bandit atau kanibal. Tak lain, julukan itu melekat pada Cendet dikarenakan burung ini menyukai serangga bahkan binatang-binatang kecil. 

Cendet lebih menyukai tempat yang tinggi, tak jarang, hasil buruannya, di habitat aslinya, disimpan di pohon yang tinggi. Salah satu jenis Cendet yang berwarna abu-abu dikenal dengan Long-tailed shrike, dalam bahasa ilmiahnya, yakni, Lanius schach.

Kendati demikian, di Indonesia tidak sedikit yang merawat Cendet sebagai burung rumahan, karena burung ini tergolong cerdas dan dapat mengikuti siulan burung-burung kicau, hingga sama persis suara kicaunya. Hal.itulah, Cendet banyak diminati penghobi burung, bahkan komunitas-komunitas pecinta Cendet hampir ada di setiap kota.

Editor : Achmad Fakhrudin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network