SDN 2 Merak Demak, Kembangkan Potensi Non Akedmik Siswa Lewat Panggung Kreasi

Arif Fajar
Salah satu kelas di SDN Merak 2, Kecamatan Demak, Jawa Tengah menampilkan drama dalam kegiatan non akademik, Panggung Kreasi dan Bakat, Sabtu (28/9/2024). (Istimewa)

DEMAK,iNewsMuria.id – Mengolah kemampuan siswa tidak hanya terpaku pada pembelajaran akademik saja, namun juga non akademik agar siswa tak hanya pintar tapi juga percaya diri.

Cara menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa harus dilatik sejak awal melalui berbagai kegiatan. Seperti yang ditempuh SD Negeri Merak 2, Kecamatan Dempet, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

“Kami di SDN Merak 2 memang tidak hanya fokus pada pembelajaran akademik saja, namun juga non akademik,” jelas Kepala SDN Merak 2, Dempet, Mulyono, Sabtu (28/9/2024).

Menurut Mulyono, di SDN Merak 2 pihak sekolah memberikan ruang bagi siswanya untuk mengembangkan potensi non akademik yang ada pada diri mereka.

Berbagai kegiatan non akademik pin dilaksanakan di sekolah tersebut. Salah satu program unggulan untuk mengembangkan potensi non akademik, lanjutnya, adalah panggung kreasi.

“Panggung kreasi ini digelar satu bulan sekali, yakni setiap hari Sabtu di minggu terakhir setiap bulannya di SDN Merak 2, Dempet,” kata Mulyono.

Kegiatan non akademik berupa panggung kreasi tersebut, tambah Mulyono, setiap bulan ada dua kelas yang tampil baik berkelompok maupun perorangan. Bisa tari, menyanyi hingga drama.

Dalam kegiatan tersebut orang tua siswa juga dilibatkan, mereka akan mengarahkan atau sebagai pelatih. Tujuannya, sambung Mulyono, agar orang tua membantu anaknya mengembangkan diri.

Selain itu mempererat hubungan orang tua siswa dengan sekolah, karena mereka juga terlibat di dalam kegiatan yang bertujuan meningkatkan rasa percaya diri, rasa sosial dan minat pada seni budaya.

“Kami ingin memberikan kesempatan kepada semua siswa untuk mengeksplorasi bakat mereka dan merasa percaya diri saat tampil di depan umum,” ujar Mulyono.

Panggung kreasi ini juga membuat para siswa senang. Seperti diungkapkan siswa kelas VI, Marisa yang mengaku senang bisa tampil di panggung kreasi bersama teman-temannya.

“Senang, karena bisa mengembangkan bakat seni bersama teman-teman. Saya juga lebih percaya diri dan tidak takut lagi tampil di depan umum,” tutur Marisa.

Orang tua siswa juga merespons positif kegiatan non akademik berupa panggung kreasi yang digelar SDN Merak 2, Dempet. Seperti disampaikan Siti, orang tua dari Clarisa Ramadhani kelas I.

"Panggung kreasi ini sangat bermanfaat. Anak saya yang biasanya sibuk dengan handphone, dengan ada kegiatan ini dia ada kegiatan lain karena sibuk berlatih bersama teman-temannya,” ujar Siti. (*)

Editor : Arif F

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network