JAKARTA, iNewsMuria - Brand Indonesia Excellence Award 2024, sebuah ajang penghargaan terhadap produk asli Indonesia atau brand lokal sukses sukses digelar di Jakarta. Acara ini merupakan apresiasi terhadap brand-brand asli Indonesia yang unggul dalam membangun popularitas, keterpilihan, dan kepuasan konsumen di era digital.
Selain sebagai sebuah apresiasi, ajang penghargaan yang diinisiasi oleh media Infobrand bersama Tras N CO Indonesia adalah upaya untuk membantu konsumen dalam mengidentifikasi merek-merek asli Indonesia yang memiliki daya saing tinggi, serta mempunyai tingkat kepuasan konsumen yang tinggi dan berhasil membuat konsumen merekomendasikan kepada para calon konsumen lain.
“Penyelenggaraan penghargaan ini bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada brand asli Indonesia berprestasi,” kata Susilowati Ningsih, CEO Infobrand.id, dalam keterangannya, Jumat (2/8/2024).
Ajang penghargaan Brand Indonesia Excellence Award 2024 ini menurut Susu mampu meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap brand lokal, karena konsumen cenderung lebih percaya dan tertarik pada produk yang telah diakui kualitasnya melalui sebuah penghargaan berdasarkan riset yang kredibel.
"Penghargaan ini tidak hanya menjadi pengakuan terhadap keberhasilan brand-brand dalam memanfaatkan marketplace untuk pertumbuhan bisnis mereka, tetapi juga sebagai preferensi bagi konsumen dalam memilih produk dari brand-brand lokal yang dapat diandalkan," ujarnya.
Sementara itu, Tri Raharjo, CEO Tras N CO Indonesia menyatakan, brand asli Indonesia dituntut untuk meningkatkan kualitas produk, mengedepankan keunikan, memanfaatkan teknologi digital, mengembangkan jaringan kolaborasi, dan menyediakan harga yang kompetitif. Dengan kata lain, lanjut Tri Raharjo, brand lokal harus terus melakukan inovasi serta adaptasi dengan perubahan pasar untuk mencapai kesuksesan jangka panjang.
“Salah satu bentuk dukungan kami adalah dengan melakukan riset terhadap brand-brand asli Indonesia yang memasarkan produknya melalui marketplace” jelasnya.
Penghargaan Brand Indonesia Excellence Award diberikan berdasarkan riset mendalam dengan pendekatan digital research yang mencakup tiga parameter penilaian utama: Digital Brand Asset Aspect, Digital Brand Awareness Aspect, dan Digital Consumer Review & Rating Aspect.
“Penghargaan ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap produk-produk lokal serta sebagai preferensi bagi konsumen dalam memilih brand-brand asli Indonesia yang terbaik,” kata Tri.
Selanjutnya, brand-brand yang lolos penilaian dan kriteria yang telah ditentukan, berhak meraih penghargaan Brand Indonesia Excellence Award sebagai merek asli Indonesia yang berprestasi dan menjadi pilihan konsumen.
Acara penghargaan Brand Indonesia Excellence Award 2024 berlangsung di The Sultan Hotel, Jakarta pada Selasa 30 Juli 2024. Pada kesempatan tersebut brand yang berhasil meraih penghargaan adalah Mercon Merah Putih (Food & Beverage) dan beberapa brand lainnya.
Editor : Langgeng Widodo
Artikel Terkait