Pengerjaan Rehabilitasi Jembatan Getasrejo Grobogan Tinggal Pengaspalan, Awal Agustus Uji Coba

Arif Fajar
Sejumlah pekerja sedang mengecat Jembatan Getasrejo, Kecamatan Grobogan yang sudah selesai dicor lantainya. (Arif Fajar)

GROBOGAN,iNewsMuria.id – Rehabilitasi jembatan Getasrejo, Kecamatan Grobogan di ujung timur jalan lingkar utara mendekati selesai. Pekerja hingga Selasa (30/7/2024) melakukan finishing.

Proses pengecoran jembatan sepanjang 61 mter tersebut juga sudah selesai. Para pekerja terus melakukan penyelesaian, salah satunya dengan pengecatan pagar jembatan.

Kendati proses pengecoran sudah selesai, namun palang bambu dan tulisan jembatan ditutup masih terpasang di masing-masing ujung jembatan, baik dari sisi timur maupun barat.

Sementara sambungan beton jembatan dengan jalan yang semula terlihat ada lubang, juga dikerjakan sehingga pas uji coba kendaraan bisa aman melintas.

Plt Kepala Balai Pengelolaan Jalan Wilayah Purwodadi DPU Bina Marga dan Ciptakarya Jawa Tengah, Umar kepada wartawan mengatakan, pekerja rencana akan melakukan pengaspalan pada Rabu (31/7/2024).

“Insya Allah, rencana akan dilakukan uji coba open traffic atau pembukaan lalu lintas untuk semua kendaraan, pada Kamis 1 Agustus 2024,” ujar Umar.

Dengan pelaksanaan uji coba tersebut, nantinya akan dilihat dan dievalusi setelah direhabilitasi. Menurur Umar hal itu untuk melihat kekuatan jembatan Getasrejo.

“Nantinya open traffic untuk semua kendaraan tersebut akan kita evaluasi. Apabila lancar tidak ada persoalan bisa dibuka terus,” katanya.

Rehabilitasi Jembatan Getasrejo ruas Jalan Lingkar Utara Kabupaten Grobogan rencana dikerjakan selama 60 hari atau dua bulan. Namun pengerjaan dipercepat, sehingga awal Agustus 2024 bisa dilakukan pembukaan.

Selama proses rehabilitasi jembatan Getasrejo ditutup total, arus lalu lintas yang biasa melalui jembatan tersebut dari Blora ke Semarang atau sebaliknya dialihkan. 

Kendaraan besar dari Blora-Solo dan sebaliknya dialihkan melalui ruas Jalan Kuwu-Galeh-Ngrompol-Sragen. Namun pengendara harus hati-hati karena ada jalan tikungan tajam dan curam di ruas jalan Kuwu-Galeh. 

Atau bisa juga dari Blora dapat melalui Wirosari-Getasrejo- Brati-Klambu-Pantura-Kudus-Lingkar Demak-Wonosalam-Dempet-Godong-Purwodadi-Geyer-Solo. 
Untuk yang dari Blora-Semarang kendaraan dari Blora dapat melalui bundaran Getasrejo menuju arah Grobogan-Klambu-Kudus-Pantura-Semarang. Atau dari Blora melalui Rembang-Pantura-Semarang. 

Adapaun biaya untuk pekerjaan rehabilitasi jembatan Getasrejo, Ruas Lingkar Utara Purwoadi sebesar Rp1.931.188.000 dengan sumber dana dari APBD Provinsi Jawa Tengah 2024. (*)

Editor : Arif F

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network