Jelang Pemilu 2024, Ini Sikap Nahdlatul Ulama Menurut Ketua PWNU Jawa Tengah

Arif F
Ketua PWNU Jawa Tengah, HM Muzammil (kedua dari kiri) menyampaikan sikap politik NU, saat hadir di Jalan Sehat Satu Abad NU yang digelar PCNU Grobogan, Minggu (26/2/2023). (Istimewa)

GROBOGAN, iNewsMuria.id - Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 bakal digelar pada 14 Februari 2024, bagaimana sikap organisasi Islam Nahdlatul Ulama atau NU dalam pesta demokrasi tersebut. Apakah bakal terlibat langsung.

Sikap politik NU dalam pesta demokrasi yang akan digelar kurang dari setahun lagi tersebut disampaikan Ketua PWNU Jawa Tengah, HM Muzammil saat menghadiri jalan sehat Satu Abad NU yang digelar PCNU Grobogan.

"NU itu bukan partai politik. Jadi mengenai pilihan politik semua terserah warga NU. Apalagi sebagai warga negara sudah puluhan kali mengikuti Pemilu, sehingga insya Allah semakin dewasa dalam menentukan pilihan," jelas HM Muzammil didampingi Ketua PCNU Grobogan Wan Fadhil.

Kendati demikian, Ketua PWNU Jateng HM Muzammil berharap semua tetap menjaga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia, menjaga akhaluk karimah. Mengenai siapa yang layak dipilih, ia hanya memberikan gambaran saja.

Karena, lanjut pria kelahiran  Demak, Jawa Tengah 17 Mei 1966 ini, Nahdlatul ulama membebaskan pilihan warga NU dalam Pemilu 2024 mendatang. Menurutnya, semua terserah kepada warga nahdliyin.

"Jika memilih ya memilih kandidat yang memperjuangkan bangsa dan negara (Indonesia) supaya lebih baik lagi. Jadi kita pengurus tidak punya hak untuk mendikte, kita yakin warga NU akan memilih yang terbaik untuk bangsa dan negara," kata HM Muzzamil. 

Dalam kesempatan tersebut, HM Muzammil mewakili PWNU Jateng mengapresiasi PCNU Grobogan yang telah melaksanakan kegiatan jalan sehat dalam rangka satu abad NU. Ini sebagai wujud rasa syukur atas berdirinya jam'iyah NU seratus tahun yang lalu.

"Alhamdulillah dilakukan juga beberapa kegiatan untuk menunjang khidmat NU kepada masyarakat. Baik itu fasilitas pendidikan, perekonomian dan fasilitas sosial lainnya. Hal itu semata mata untuj meneruskan perjuangan para muassis atau pendiri jam'iyah NU," jelas HM Muzammil.

Kegiatan jalan sehat tersebut diikuti sekitar 16.000 warga Nahdliyin. Hadir pula Bupati Grobogan Sri Sumarni, Wakil Bupati Grobogan Bambang Pujiyanto dan Forkompimda Grobogan. 

Bupati Sri Sumarni dalam sambutannya mengatakan, bahwa semua ikut berbahagia bersama mengikuti kegiatan jalan sehat satu abada NU. Ini merupakan kecintaan dan kepedulian  masyarakat terhadap lahirnya NU, dan juga sebagai upaya memelihara persatuan dan keutuhan NKRI. 

"Saya berharap  kegiatan ini dapat bermuara pada saling kasih sayang dan damai menjelang tahun politik 2024 yang akan datang. Juga dapat mendekatkan hubungan silaturahmi, emosional dari pengurus NU dengan pemerintah daerah dan masyarakat," kata Bupati. (Arif F)

Editor : Langgeng Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network