Solo Bersimfoni Terima Anugerah Revolusi Mental (ARM) 2022 dari Presiden, Ini yang telah Dilakukan

Langgeng Widodo
Pendiri sekaligus ketua perkumpulan Solo Bersimfoni, Farid Sunarto, Senin (19/12/2022), memberi penjelasan terkait Anugerah Revolusi Mental (ARM) 2022 dari Presiden yang akan diterima.

MURIA.iNews.id-Solo Bersimfoni menjadi salah satu lembaga penerima Anugerah Revolusi Mental (ARM) Tahun 2022 dari presiden.

Penghargaan ARM yang diinisiasi Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan itu akan diterima Rabu (20/12)2022) di Jakarta dalam sebuah seremonial.

Anugerah Revolusi Mental 2022 merupakan konfirmasi terhadap usaha dan upaya yang  telah dilakukan oleh lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat atau gerakan komunitas yang melakukan perubahan secara nyata, terukur, inspiratif dan berkelanjutan.

Anugerah Revolusi Mental 2022 diberikan kepada semua pihak yang telah berinisiatif dan telah menjadi pelopor perubahan untuk berbagai simpul dan ranah perubahan yang telah dan sedang berlangsung dalam masyarakat.

Mulai dari birokrasi yang melayani secara prima, sistem pendidikan yang mencetak sumber daya unggul dan berkarakter, sistem ekonomi berkeadilan, serta berbagai inisiatif yang melibatkan para pemangku kepentingan secara bergotong royong untuk mewujudkan perilaku kolektif yang berintegritas dan beretos kerja.

Pemberian Anugerah Revolusi Mental 2022 kepada Perkumpulan Solo Bersimfoni dari Kriteria Nominasi Lembaga yang berbadan hukum di Indonesia, mempertimbangkan berbagai unsur antara lain :

Solo Bersimfoni dinilai telah memberi perubahan dan dampak positif atau impactfull terhadap masyarakat, untuk berpartisipasi dalam membangun toleransi dan perdamaian untuk mencegah tindakan kekerasan yang mengarah pada terorisme berbasis kekerasan.

"Solo Bersimfoni merupakan Non Government Organization (NGO) yang melakukan tindakan yang bersifat fundamental, yaitu upaya pencegahan radikalisasi, meliputi membangun kesiapsiagaan, melakukan kontra radikalisasi dan deradikalisasi di kalangan pelajar/remaja," kata pendiri sekaligus ketua perkumpulan Solo Bersimfoni, Farid Sunarto, Senin (19/12/2022).

"Solo Bersimfoni menghadirkan ruang-ruang keadilan sosial bagi remaja/pelajar generasi Z dalam bentuk ruang kanal digital, membangun kecakapan digital  dan menyediakan ruang komunal solo bersimfoni."

Beberapa inisiatif Solo Bersimfoni yang bersifat fundamental hingga perkumpulan itu mendapat penghargaan Anugerah Revolusi Mental (ARM) Tahun 2022 dari presiden :

Budaya Lokal Hastalaku

Bekerjasama dengan UNS, Solo Bersimfoni melakukan riset untuk menemukan nilai budaya lokal “hasthalaku” (delapan perilaku) yang terdiri dari : gotong royong, guyub rukun, grapyak semanak, lembah manah, ewuh pekewuh, andhap ashor dan tepa selira. Hasthalaku telah dimasukkan sebagai  menjadi nilai luhur budaya daerah dan tertuang dalam Perwali Kota Surakarta No. 49 Tahun 2019 tentang Penyadaran, Pemberdayaan dan Pengembangan Pemuda.

Inisiasi Perda Jateng No. 4/2021

Solo Bersimfoni menginisiasi regulasi Perda Prov. Jateng No. 4 Tahun 2021 tentang Pembangunan dan Pengembangan Kepemudaan. Saat ini sedang menginisiasi beberapa amanat Perda tersebut dalam bentuk Peraturan Gubernur Provinsi Jateng, khususnya amanat perlindungan dan pemberdayaan pemuda.

Sekolah Adipangastuti

Solo Bersimfoni menginisiasi Model Sekolah Adipangastuti yang merupakan sebuah program selama 6 bulan yang dimasukkan ke sekolah formal. Tujuan implementasi model Sekolah Adipangastuti adalah untuk membuat program pencegahan intoleransi dan kekerasan di sekolah dengan pendekatan milenial dan digital. Saat ini Solo Bersimfoni telah mengerjakan kerjasama dengan 7 (tujuh) sekolah formal SMA yang melaksanakan program Sekolah Adipangastuti, dan pada tahun 2023 akan melaksanakan program Sekolah Adipangastuti di 14 (empat belas) sekolah di provinsi jawa tengah.

Membangun Narasi Digital

Solo Bersimfoni membangun narasi digital dalam bentuk film, podcast, spotify, website, buku dan lain sebagainya dengan tema pembangunan toleransi dan perdamaian untuk menolak intoleransi, radikalisme dan terorisme dengan keyword google antara lain: solo bersimfoni, sekolah adipangastuti, hasthalaku.(*) 

Editor : Langgeng Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network