Tedy Alamsyah Terpilih Jadi Ketua Umum Perbarindo 2022-2026, Berikut Susunan Pengurus Harian DPP

kontributor
Ketua Umum Perbarindo 2018-2022 Joko Suyanto menyerahkan tongkat kepemimpinan kepada Ketua Umum Perbarindo 2022-2026 setelah terpilih secara aklamasi dalam Munas XI Perbarindo di Yogyakarta, 20 Oktober 2022.

MURIA.iNews.id-Tedy Alamsyah secara aklamasi terpilih sebagai Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia Perbarindo) periode 2022-2026 dalam Musyawarah Nasional / Munas XI Perbarindo yang digelar di Yogyakarta,19-21 Oktober 2022.

 

Tedy telah berkecimpung selama 16 tahun di organisasi yang menjadi wadah Bank Perkreditan Rakyat dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPR dan BPRS). Yaitu sebagai Wakil Ketua Umum (2018-2022), Ketua Bidang Organisasi (2014-2018), dan Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Yogyakarta. Dia  menjadi ketua umum menggantikan Joko Suyanto yang telah menjabat sebagai ketua selama 3 periode (2010-2014, 2014-2018, 2018-2022).

 

Sekitar 680 anggota yang hadir dalam Munas XI Perbarindo secara aklamasi memilih Tedy sebagai ketua umum. Selanjutnya pembentukan formatur dan komisi. Laporan hasil rapat komisi disahkan dalam sidang pleno. Ketua Umum Perbarindo, Pengurus Harian DPP, dan Dewan Pengawas Perbarindo masa bakti 2022-2026, seketika itu.dilantik.

 

“Awalnya anggota Perbarindo mengharapkan Pak Joko Suyanto untuk kembali menjadi Ketua Umum Perbarindo yang disampaikan dalam acara pra Munas XI," kata Tedy usai dilantik sebagai Ketua Umum Perbarindo periode 2022-2026 dalam Munas XI, Kamis (20/10/2022).

 

"Kemudian, seminggu sebelum Munas XI, Pak Joko menyampaikan tidak mau lagi menjadi ketua umum. Beliau beralasan ingin ada regenerasi di perhimpunan ini. Kemudian, dalam Munas ini, anggota Perbarindo mendorong saya untuk menggantikan Pak Joko dengan berbagai alasan,” ujar Tedy Alamsyah.

 

Dia menjelaskan, beberapa alasan yang disampaikan anggota Perbarindo antara lain, pengalamannya di Perbarindo selama 16 tahun. Selain itu, selama 8 tahun (periode 2014-2018 dan 2018-2022) Tedy mendampingi Joko Suyanto, sehingga dinilai sebagai sosok tepat untuk melanjutkan program programnya. 

 

"Terima kasih kepada seluruh anggota Perbarindo yang telah memilih saya sebagai Ketua Umum Perbarindo periode 2022-2026. Pengurus Harian DPP Perbarindo 2022-2026 berharap dukungan dan doa dari seluruh anggota agar dapat menjalankan amanah ini sebaik-baiknya," katanya.

 

"Kami juga menyampaikan terima kasih kepada Ketua Umum Perbarindo periode 2018 - 2022 Bapak Joko Suyanto yang telah mampu membawa Perbarindo semakin maju dan kuat," kata Teddy Alamasyah.

 

Tedy menyampaikan, Pengurus Harian DPP Perbarindo priode 2018-2022 telah melakukan berbagai lompatan besar di bawah kepemimpinan Joko Suyanto. Seperti adanya dua Rumah Perbarindo, yaitu untuk kantor sekretariat DPP dan untuk PT LSP Certif.

 

"Pengurus sebelumnya di bawah komando Bapak Joko Suyanto juga telah berkontribusi besar terhadap kemajuan industri BPR dan BPRS. Saya akan meneruskan berbagai program dan pencapaian yang telah ditorehkan kepengurusan sebelumnya."

 

Selain itu, menurutnya, Joko Suyanto juga berhasil menjaga soliditas kepengurusan baik di tingkat DPP, DPD, maupun Dewan Pengurus Kabupaten (DPK). Hasil nyata itu terlihat dari terealisasinya berbagai program kerja positif seperti kegiatan sertifikasi SDM, BPR e-Cash dan kerja sama dengan Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri dalam pemanfaatan data kependudukan.

 

“Ke depan semakin banyak tantangan baik dari eksternal maupun internal serta dinamika regulasi yang akan dihadapi industri BPR dan BPRS. Salah satu tantangan dari eksternal misalnya tuntutan untuk melakukan transformasi digital, dari internal seperti permodalan dan kualitas SDM, serta tantangan dinamika regulasi di sektor keuangan dan perbankan,” jelas Tedy.

 

Sosok yang Tepat dan Berpengalaman

 

Sementara itu, Joko Suyanto menilai, Tedy Alamsyah merupakan sosok tepat sebagai Ketua Umum Perbarindo karena berbagai pengalaman matang di industri BPR dan BPRS.

 

“Saya sudah 3 periode menjadi Ketua Umum Perbarindo. Pada periode pertama dan kedua, saya fokus bekerja, kemudian pada periode ketiga fokus bekerja sekaligus menyiapkan regenerasi kepemimpinan di Perbarindo. Pemimpin hebat itu dapat melahirkan pemimpin lainnya yang lebih hebat dari dirinya," kata Joko.

 

Joko menjelaskan, selama dua periode telah bekerja sama dengan Tedy Alamsyah dalam memperkuat Perbarindo. Pihaknya mengamati sosok-sosok yang dapat melanjutkan visi, misi, dan program-program Perbarindo, pilihan itu jatuh kepada seorang Tedy.

 

"Dia memiliki kapasitas dan kapabilitas, leadership, dan terbukti pengabdiannya selama 16 tahun. Beliau juga masih muda, produktiv, seorang pejuang dan petarung yang baik yang dapat mengambil keputusan," tandasnya.

 

Joko Suyanto memberi.pesan kepada Tedy agar tetap rendah hati, merangkul semua anggota Perbarindo, serta menjaga soliditas dan kebersamaan untuk kemajuan BPR dan BPRS. 

 

Susunan Pengurus Harian & Dewan Pengawas Perbarindo 2022-2026 :

 

Dewan Pengawas

Ketua Dewan pengawas : Joko Suyanto (BPR Nusamba Cepiring)

Anggota Dewan Pengawas : Awet Abadi (BPR Eka Bumi Artha), Sofia NurkrisnaJati (BPR Delta Artha), T. Jaya Tarigan (BPR Aditama Arta), Stevanus Yapto (BPR Artha Swasembada)

 

Pengurus Harian DPP

Ketua Umum : Tedy Alamasyah (BPR Danagung Bakti)

Wakil Ketua Umum : Riwandari Juniastuti (BPR Dana Multi Guna)

Sekjen : Ascar Setiyono (BPR Chandra Muktiartha)

Wakil Sekjen : Ahmad Ropik (BPR Nusamba Plered)

Wakil Sekjen : Linda Sri Rejeki (BPR Rama Ganda)

Bendahara Umum : Widhawati (Mekar Nugraha)

Wakil Bendahara Umum : Jajang Herdiman (BPR Cibitung Tanjung Raya)

Ketua Bidang Penelitian & Pengembangan : Tatang Herisman (BPR Danagung Karangampel)

Ketua Bidang Hukum & Peraturan : Wahyu Eka Saputra (BPR Nusamba Tanjung Sari)

Ketua Bidang Organisasi & Keanggotaan : I Gede Hartadi (BPR Sarikusuma Surya)

Ketua Bidang Kelembagaan : Sujatno (BPR Pundi Artha)

Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri : Yeni Rustan (BPR Sentosa)

Ketua Bidang Pendidikan : Zinsari (BPR Arta Damas Mandiri)

Ketua Bidang Dana & Usaha : Agustinina Thenu (BPR Anak Negri Papua)

Ketua Bidang Hubungan Masyarakat : Evi Damayanti (BPR Ambarketawang Persada)

Editor : Langgeng Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network