get app
inews
Aa Read Next : Luncurkan Program ZChicken di Solo, Ketua BAZNAS RI : Untuk Proses Transformasi Mustahik Jadi Muzaki

Investasi Intelektual Baznas RI untuk Negeri

Selasa, 14 Juni 2022 | 09:35 WIB
header img
Rodisi, Pegiat Literasi dan Staf Pengajar MA TBS Kudus. (Dok. Pribadi)

Dengan kata lain, Baznas RI tidak hanya berperan dalam melakukan pengumpulan dana zakat dan mendistribusikannya kepada mustahiq (orang-orang yang berhak mendapatkan zakat), tetapi lebih dari itu, juga ikut berkontribusi dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul. 

SDM unggul bagi bangsa Indonesia sangatlah penting di masa-masa mendatang. Pertama;  sebagai respons menyongsong Indonesia Emas pada tahun 2045, yakni satu abad (100 tahun) Indonesia merdeka. 

Di masa itu, dengan bonus demografi, diharapkan Indonesia tidak hanya memiliki warga (penduduk) yang hanya memiliki usia produktif saja, tetapi penduduk usia produktif yang melimpah itu juga merupakan SDM-SDM unggul yang akan mampu berkontribusi bagi Negeri dan juga peradaban (perkembangan intelektual) di dunia. 

Kedua; menjawab tantangan global. Tantangan hidup di masa-masa mendatang sangatlah kompleks dan berat. Maka dengan adanya SDM unggul lah, maka Indonesia akan mampu menjawab tantangan global yang ada. Dan Baznas RI, telah ikut memberikan sumbangsihnya untuk itu melalui penyiapan SDM unggul dengan program beasiswa yang ditawarkan. 

Nasionalis dan Berkarakter

Ada hal lain yang menarik dalam program Beasiswa Cendekia Baznas RI ini. Bahwa selain ikut mendukung penyiapan generasi bangsa yang unggul (cerdas), juga sebagai ikhtiar (upaya) melahirkan generasi yang berkarakter (berakhlak). 

Itu setidaknya hal penting lain melalui program Beasiswa Cendekia Baznas RI, sebagaimana pernah disampaikan ketua Lembaga Beasiswa Baznas, Sri Nurhidayah, dalam gathering secara online (zoominar) dengan para mentor Ma’had Aly se-Indonesia pada 31 Maret lalu. 

Bahkan pada kesempatan itu pula, para penerima beasiswa dari Baznas RI juga ditegaskan mesti menjadi generasi bangsa yang nasionalis. Sehingga para generasi bangsa yang telah di-support melalui beasiswa Baznas ini tidak hanya diharapkan jadi generasi unggul (cerdas), tetapi menjadi generasi yang nasionalis dan berkarakter (relegius). 

Akhirnya, menilik dari berbagai hal menarik dalam Beasiswa Cendekia Baznas RI ini, maka program tersebut kiranya tak sekadar penting untuk diapresiasi, tetapi juga diharapkan akan terus menjalankan program yang bermanfaat bagi penyiapan generasi bangsa yang berkualitas, yang akan siap menerima estafet kepemimpinan di masa depan. Wallahu a’lam.

Editor : Achmad Fakhrudin

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut