Logo Network
Network

Investasi Intelektual Baznas RI untuk Negeri

Redaksi
.
Selasa, 14 Juni 2022 | 09:35 WIB
Investasi Intelektual Baznas RI untuk Negeri
Rodisi, Pegiat Literasi dan Staf Pengajar MA TBS Kudus. (Dok. Pribadi)

Oleh: Rosidi

Pegiat Literasi dan Staf Pengajar MA Tasywiquth Thullab Salafiyah (TBS) Kudus

Dalam unggahannya di akun Instagram (IG) pada Mei lalu, Baznas RI menyampaikan sebuah informasi pembukaan pendaftaran program Beasiswa Baznas 2022. Yang, hingga 14 Juni per pukul 07.30 WIB, mendapatkan respons sebanyak 5.104 warganet nge-like. 

Ada beberapa program Beasiswa Baznas RI yang ditawarkan kepada para generasi muda bangsa. Yakni Beasiswa Cendekia Baznas Dalam Negeri, Beasiswa Cendekia Baznas Ma’had Aly, Beasiswa Cendekia Dikdasmen Baznas, Beasiswa Santri Baznas, Beasiswa Riset Baznas, Beasiswa Riset Baznas Prodi Mazawa, Beasiswa Cendekia Baznas Al-Azhar (Mesir) dan Beasiswa Kemitraan Baznas. 

Bagi kelompok masyarakat dengan ekonomi yang sudah mapan, informasi Beasiswa Baznas  RI ini tentu menjadi hal yang biasa –atau katakanlah kurang menarik. Namun bagi keluarga ekonomi paspasan, informasi ini tentu sangat penting dan “memberikan harapan”. 

Terlebih, bagi anak-anak muda yang memiliki kemampuan akademik bagus, namun orang tua tidak memiliki kemampuan untuk membiayai studi di bangku pendidikan tinggi, maka ia bisa mencari peruntungan untuk meraih beasiswa studi dari program Beasiswa Cendekia Baznas RI yang ditawarkan. 

Mengingat ada beberapa pilihan, maka tentu saja mesti menyesuaikan program beasiswa yang ditawarkan. Ya, tidak ideal ketika seorang anak ingin studi di program studi (prodi) tertentu yang belum ditawarkan dalam program beasiswa tersebut, namun setidaknya, Baznas RI sudah memberikan kesempatan terbaik bagi anak Negeri dari keluarga kurang mampu untuk studi di perguruan tinggi. 

Investasi Intelektual

Adanya program Beasiswa Cendekia Baznas RI ini, menjadi menarik, karena melalui program tersebut lembaga yang mengurusi zakat ini, tidak hanya memberikan kesempatan anak-anak dari keluarga kurang mampu memiliki harapan untuk studi dengan meraih peruntungan meraih beasiswa tersebut, tetapi itu sekaligus sebagai kontibusi nyata Baznas RI dalam investasi intelektual untuk Negeri. 

Follow Berita iNews Muria di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini