get app
inews
Aa Read Next : Ngeri, Warga Kudus Dilarang Datang ke Makam Syeh Jangkung, Ini Alasannya

Momentum “Bulan Kartini” Mahasantri Penerima Beasiswa Cendekia Baznas Ziarahi Makam MA Ngasirah

Selasa, 19 April 2022 | 09:11 WIB
header img
Mahasantri Ma'had Aly TBS Kudus ziarahi makam MA Ngasirah.

KUDUS, iNews.id– Para mahasantri Ma’had Aly Tasywiquth Thullab Salafiyah (TBS) Kudus, menziarahi makam MA Ngasirah di kompleks “Pesarean Sedo Mukti” pada pekan pertama April lalu. Didampingi mentor, Rosidi, para mahasantri yang berkesempatan itu bisa berziarah setelah mendapat izin dari juru kunci (kuncen), H Temu Sunarto.

Sedang beberapa mahasantri yang berkesempatan menziarahi makam sosok perempuan hebat, yang tak lain adalah ibunda antara lain dari RMP Sosrokartono (tokoh pejuang perintis kemerdekaan yang juga salah satu guru Bung Karno) dan RA Kartini (yang kelak dikenal sebagai tokoh emansipasi di tanah air). 

Rosidi, mengutarakan, ziarah ke makam MA Ngasirah ini dipilih, karena “April” merupakan “Bulan Kartini”. “Setiap 21 April, bangsa Indonesia memeringati Hari Kartini. Jadi, ini momentum yang tepat. Tidak hanya untuk meneladani Kartini, juga meneladani perjuangan ibundanya, MA Ngasirah,” katanya. 

Menurutnya, MA Ngasirah adalah seorang perempuan (ibu) yang luar biasa, sehingga tak heran jika putra-putri yang dilahirkannya, kelak juga menjadi tokoh-tokoh berpengaruh di Negeri ini. “Munculnya anak-anak yang cerdas dan hebat, tak akan lepas dari sosok ibu yang mengasuh dan menjadi teladannya,” ungkapnya.

Rahayu Adi Suryanto, salah satu mahasantri, mengaku tertarik dengan sosok MA Ngasirah, setelah sedikit demi sedikit mempelajari kisahnya. “Beliau pasti perempuan yang sangat hebat, sehingga mampu mengantarkan putera-puterinya menjadi sosok-sosok yang tidak hanya cerdas, juga menyintai bangsanya,” ujarnya. 

Diamini beberapa mahasantri lain yang ikut serta dalam ziarah di makam MA Ngasirah itu, Rahayu Adi Suryanto menambahkan, dirinya dan teman-temannya penerima Beasiswa Cendekia Baznas RI dari Ma’had Aly TBS Kudus, akan menggali lebih dalam sosok dan keteladanan MA Ngasirah.

“Rencananya, kami akan mengangkat sosok dan keteladanan MA Ngasirah untuk program penerbitan buku ‘Pahlawan Lokal’ yang diagendakan diterbitkan oleh Baznas RI,” paparnya diamini M Husaini Nurdin, Ary Widayanto dan M Yazid Ahsanunnafi’.

Editor : Achmad Fakhrudin

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut