get app
inews
Aa Read Next : 50 Madrasah Ibtidaiyah di Kudus Ikuti Pelatihan Sepak Bola, Langsung Dipandu Pelatih Asing

Tertutupi Mendung, Hilal Tak Terlihat di Kudus

Jum'at, 01 April 2022 | 21:01 WIB
header img
Pengamatan Rukyatul Hilal di Kudus, oleh Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) bersama Pondok Pesantren Yanbu'ul Qur'an Menawan, Ma'had Aly TBS Kudus dan Kemenag Kabupaten Kudus.

KUDUS, iNews.id - Ketua Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Kabupaten Kudus menegaskan, pengamatan hilal di Kudus tidak berhasil melihat hilal, Jumat, 1/4/2022 petang.

Pengamatan rukyatul hilal di Kudus dilakukan oleh Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Kabupaten Kudus bersama Pondok Pesantren Yanbu'ul Qur'an Menawan, Ma'had Aly TBS Kudus dan Kemenag Kabupaten Kudus.

Rukyatul Hilal bertempatkan di Observatorium Pondok Pesantren Yanbu'ul Qur'an Menawan, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus.

Dijelaskan oleh Kiai Azhar, "Telah kita amati, prosesi yang dipersiapkan oleh tim untuk pelaksanaan rukyat di Kudus ini, karena tertutupi oleh mendung, hasilnya, kita tak dapat melihat hilal," jelasnya.

Kiai Azhar juga menambahkan, tidak berhasilnya melihat hilal juga dijumpai di sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk Jawa Tengah dan Jawa Timur.  

Rukyatul hilal yang dilakukan oleh LFNU Kudus, Pondok Pesantren Yanbu'ul Qur'an Menawan, Ma'had Aly TBS Kudus dan Kemenag Kabupaten Kudus ialah untuk melihat penetapan awal Ramadan 1443 Hijriyah.

Kemenag Kabupaten Kudus melalui KH M Ulin Nuha mengapresiasi kegiatan Rukyatul hilal di Pondok Pesantren Yanbu'ul Qur'an Menawan, "Kemenag selalu melakukan komunikasi dan pengawasan setiap tahunnya, melihat agenda Rukyatul Hilal di Kudus dengan kerja sama berbagai lini, ini sangat luar biasa," tuturnya.

Dirinya pula mengimbau, "Dalam penetapan awal Ramadan menunggu sidang isbat yang dilakukan oleh pemerintah, yang malam nanti dipimpin langsung oleh Gus Yaqut," ujarnya.

Turut hadir KH M Ulin Nuha, H Nor Ariffin, Kiai Azhar Latif Lajnah LFNU, Kiai Nor Aflah Ustaz Nor Shidqon, Ustaz Syaifuddin,  Muhadlir dan Maha Santri Ma'had Aly TBS Kudus.

Editor : Aisyah Hasna Muffidah

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut