get app
inews
Aa Read Next : Lazismu Grobogan Raih Juara 3 Lembaga Zakat Program Unggulan di Festival Jateng Syariah 2024

Buka Rencana Soal Beli Minyak dengan Harga Murah dari Rusia, Nicke Widyawati; Kita Lihat Opportunity

Senin, 28 Maret 2022 | 21:26 WIB
header img
Pertamina melakukan pendekatan agar bisa memasok minyak dari Rusia (Foto: iNews)

JAKARTA, iNewsMuria – Pihak PT Pertamina (Persero) membuka peluang untuk membeli minyak dari Rusia dengan harga murah. Hal tersebut diungkapkan Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati yang telah melakukan pendekatan terkait rencana tersebut.

"Di saat situasi geopolitik ini, kita melihat ada opportunity untuk membeli minyak Rusia dengan harga yang baik. Pak Taufik (Dirut PT KPI) sudah melakukan approach terkait hal itu," kata Nicke dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR, Senin (28/3/2022).

Nicke menambahkan, minyak yang dibeli dari Rusia ini rencananya bakal digunakan di Kilang Balongan. Namun, penggunaan minyak ini menunggu revamping kilang tersebut selesai pada Mei 2022. Saat ini, Kilang Balongan hanya bisa menerima minyak mentah dengan tingkat sulfur rendah, seperti yang diproduksi oleh Aramco. Harga minyak ini tergolong mahal dan suplainya terbatas.

"Dengan revamping ini, salah satunya yang selesai Mei 2022 Kilang Balongan, Balongan ini akan lebih fleksibel menggunakan jenis crude apapun," ucapnya.

Nicke melanjutkan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri dan Bank Indonesia terkait hal ini. Pasalnya, pembelian ini menyentuh isu politis. "Tidak ada masalah sepanjang perusahaan yang deal dengan kita tidak kena sanksi.

Untuk pembayarannya, kami koordinasi mungkin melalui India atau apa. Secara politis tidak ada masalah, ini B to B (business to business) murni, sepanjang perusahaan yang kita beli (minyaknya) tidak kena sanksi. Kita lihat opportunity saja," katanya.

Editor : Ade Achmad Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut