Finalisasi Gapeka 2025, Perjalanan Kereta Api Lebih Cepat dan Kapasitas Angkut Meningkat

GROBOGAN,iNewsMuria.id – Selesainya finalisasi Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2025, PT KAI dan DJKA Kemenhub terus berkolaborasi dalam meningkatkan layanan perkeretaapian di Indonesia.
“Seiring selesainya Gapeka 2025, penjualan tiket kereta api antarkota pada Februari 2025 sudah dapat dilakukan mulai hari ini secara bertahap,” jelas Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo.
“Secara bertahap, jadi apabila terdapat perjalanan kereta api yang belum tersedia di platform penjualan seperti Access by KAI dan web kai.id, pelanggan dapat melakukan pengecekan secara berkala,” ujarnya dalam rilis Jumat (3/1/2025).
Selain penjualan tikut, beberapa peningkatan lainnya, lanjut Franoto, meliputi peningkatan keselamatan, keandalan prasarana dan sarana, kecepatan perjalanan, serta kapasitas angkut.
“Jadwal perjalanan kereta api semakin optimal dengan jadwal perjalanan yang jauh lebih terencana sesuai update sarana dan prasarana terkini,” kata Manager Humas KAI Daop 4 Semarang.
Keandalan prasarana dan sarana sambung Franoto, juga ditingkatkan melalui modernisasi infrastruktur rel dan penambahan armada kereta api yang lebih andal.
Tak hanya itu tambahnya, dari segi kecepatan, Gapeka 2025 berhasil mengurangi waktu perjalanan kereta api antarkota di Jawa hingga total 2.551 menit per hari.
Kapasitas angkut menurut Franoto, juga ditingkatkan dengan penambahan 20 perjalanan kereta api antarkota Jawa dan perpanjangan relasi untuk menjangkau lebih banyak daerah.
Manajer Humas KAI Daop 4 Semarang menyampaikan bahwa perubahan Gapeka 2025 merupakan bagian dari upaya KAI dan DJKA Kemenhub untuk meningkatkan layanan transportasi kereta api di Indonesia.
Dengan selesainya Gapeka 2025, saat ini, penjualan tiket kereta api antarkota dapat dilakukan H-30 sebelum keberangkatan, dan bertahap akan disesuaikan kembali menjadi H-45 sebelum keberangkatan.
“Pelanggan yang memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon 121 atau media sosial resmi @KAI121,” saran Franoto. (*)
Editor : Arif F