get app
inews
Aa Read Next : Irjen Pol Ahmad Luthfi Tegaskan Polda Jateng Jamin Keamanan Objek Vital PT Semen Gresik

Sinta Aulia, Bocah 10 Asal Rembang Bercita-cita Menjadi Polwan, Segera Menjalani Kemoterapi

Selasa, 08 Maret 2022 | 07:27 WIB
header img
Sinta Aulia dijenguk Kapolri Jenderal Listyo Sigit dan istri (Foto: Dok Humas Polri)

JAKARTA, iNewsMuria - Sinta Aulia Maulidia, bocah 10 tahun asal Rembang akan segera menjalani kemoterapi. Sebelumnya Sinta sudah menjalani operasi amputasi akibat kanker tulang yang dideritanya.

Mengingat cita-cita Sinta tersebut, Kapolri Jenderal Listyo Sigit merasa terpanggil untuk memperhatikannya. Akhirnya Sinta dirawat di RS Polri Kramat Jati dan menjalani perawatan medis disana.

Kabid Perawatan Medik RS Polri Kramat Jati Kombes Yayok Witarto mengatakan, Sinta dalam tahap perbaikan kondisi tubuh pascaoperasi amputasi.

"Kondisinya membaik, tapi belum kemo karena saat ini lagi fokus untuk perbaikan kondisi badannya, biar nanti kuat bila suatu saat dikemo," ujarnya, Senin (7/3/2022).

Kemoterapi akan menjadi pengobatan lanjutan untuk membunuh sel kanker yang diderita bocah asal Desa Samaran, Kecamatan Pamotan, Rembang, Jawa Tengah tersebut.

Untuk menangani Sinta, tim dokter RS Polri Kramat Jati bekerja sama dengan ahli berbagai bidang dari RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), RS MRCCC Siloam Semanggi, dan RS Dharmais.

Konsultan RSCM Achmad Fauzi Kamal mengatakan, Sinta terpaksa diamputasi karena kanker yang dideritanya sangat parah. Hasil pemeriksaan tim dokter gabungan menunjukkan, Sinta menderita osteosarcoma atau kanker tulang, penyakit ini menyebar secara cepat hanya dalam hitungan minggu dan bulan.

"Untuk Ananda (Sinta) ini tumor sudah sedemikian besar, sudah sampai kepada kulit dan kerusakan pada tumor sudah sedemikian masif," kata Fauzi.

Sebelumnya, video Sinta sempat viral di media sosial. Dia berpakaian polwan dan ingin bertemu Kapolri.

Dalam video tersebut, Sinta menyampaikan keinginan menjadi polwan dan berharap Kapolri bisa membantu pengobatannya. Video tersebut mendapat tanggapan langsung dari Kapolri melalui cuitan di media sosial.

"Saya hubungi segera ya Nak, terima kasih" kata Kapolri.

Listyo Sigit kemudian menelepon Sinta melalui ponsel anggota Babinkamtibmas Polres Rembang. Dalam percakapan melalui video itu terjadi momen mengharukan.

Singkat cerita, Kapolri lalu mengirim helikopter untuk membawa Sinta dari Rembang ke RS Polri Kramat Jati.

Editor : Ade Achmad Ismail

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut