get app
inews
Aa Read Next : Amankan KTT AIS 2023 di Bali, Polri Terjunkan Ribuan Personil dalam Operasi Tribrata Agung

Mengenai Hari Raya Nyepi 2022, ini Berbagai Upacara yang Dilakukan Umat Hindu Bali

Kamis, 03 Maret 2022 | 07:27 WIB
header img
Umat Hindu melakukan sembahyang pada rangkaian Upacara Mecaru di Pura Kerta Jaya, Kota Tangerang, Banten, Rabu (2/3/2022). Upacara tersebut untuk menyambut perayaan Hari Raya Nyepi dan Tahun Baru Caka 1944. (Foto: ANTARA/Fauzan)

Supaga perayaan berjalan lancar, maka akses keluar dan masuk Bali melalui jalur udara, laut, dan darat akan ditutup selama 24 jam. 

Di Bali,Rangkaian upacara adat saat Hari Raya Nepi terdiri dari beberapa bagian. Pertama, upacara Melasti atau upacara Melis yang dilaksanakan pada sasih kesanga. 

Upacara tersebut dilakukan untuk menyucikan pratima, sarana dan peralatan upacara dengan cara diarak ke laut, danau, atau sungai. 

Pratima merupakan simbol Dewa/Bhatara yang dipergunakan sebagai alat untuk memuja Sang Hyang Widhi Wasa (sebutan Tuhan Yang Maha Esa bagi umat Hindu).

Kemudian dilanjut dengan upacara Pengrupukan yang juga dikenal dengan nama lain upacara Tawur Kesanga atau Tawur Agung. 

Upacara ini memiliki maksud menjaga keseimbangan alam semesta maupun diri manusia dari gangguan bhuta kala, yang merupakan sebutan untuk sosok mahluk jahat dengan wujud wajah menyeramkan, dan muncul sebagai makhluk penggoda. 

Editor : Achmad Fakhrudin

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut