get app
inews
Aa Read Next : Operasi Zebra Candi 2024 Digelar Jajaran Polda Jateng Mulai 14 Oktober 2024, Ini Sasaran Penindakan

Antisipasi Kecelakaan Lalu Lintas, Sat Lantas Polres Grobogan dan Dishub Lakukan Ramcek

Rabu, 17 Juli 2024 | 17:10 WIB
header img
Kasat Lantas Polres Grobogan AKP Tejo Suwono memimpin kegiatan ramcek di Dishub Grobogan, Rabu (17/7/2024). (dok Sat Lantas Polres Grobogan)

GROBOGAN,iNewsMuria.id – Antisipasi atau upaya mencegah terjadinya kecelakaan terus dilakukan. Untuk itu Sat Lantas Polres Grobogan bersama Dinas Perhubungan dan Jasa Raharja melakukan ramcek.

Pelaksanaan ramcek atau pengecekan secara menyeluruh kendaraan beserta kelengkapan pendukungnya dilaksanakan di Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Grobogan, Rabu (17/7/2024).

Pengecekan atau kegiatan ramcek yang melibatkan petugas dari Sat Lantas dan Dokkes Polres Grobogan, Dishub serta Jasa Raharja dipimpin Kasat Lantas Polres Grobogan AKP Tejo Suwono.

“Kegiatan ramcek ini dilakukan sebagai upaya pencegahan dini terhadap kecelakaan lalu lintas atau laka lantas yang disebabkan masalah teknis kendaraan,” jelas Kasat Lantas AKP Tejo Suwono.

Selain itu, lanjut Kasat Lantas Polres Grobogan, ramcek digelar guna memastikan kesiapan dan kelayakan setiap angkutan umum yang akan melayani perjalanan masyarakat dan pelaksanaan operasi Patuh Candi 2024.

Dalam pelaksaan ramcek, lanjut Kasat Lantas, petugas melakukan pemeriksaan surat kendaraan, kondisi ban mobil, lampu penerangan depan belakang, klakson dan weper air serta kelengkapan pendukung lainnya.


Pengemudi angkutan umum yang mengikuti ramcek di Dishub Grobogan diberi paket sembako, Rabu (17/7/2024). (dok Sat Lantas Polres Grobogan)

 

Tak hanya kelayakan kendaraan, dalam ramcek yang digelar di Kantor Dishub Grobogan , tim kesehatan Polres Grobogan juga memeriksa kesehatan awak angkutan umum.

AKP Tejo Suwono menerangkan, ramcek ini akan terus dilakukan untuk mengantisipasi angkutan maupun bus yang melakukan pelanggaran. Mengingat, angkutan harus memperhatikan keselamatan dan kenyamanan penumpang.

Pengecekan yang dilakukan petugas tersebut, sambung Kasat Lantas Polres Grobogan, juga untuk membangun budaya disiplin tertib dan etika berlalu lintas dan meningkatkan kualitas keselamatan berlalu lintas. 

Dalam kegiatan itu, petugas juga membagikan 20 paket sembako untuk para pengemudi angkutan umum yang mengikuti ramcek di Kantor Dinas Perhubungan Grobogan.

“Pengemudi harus rutin melakukan pengecekan kelayakan teknis maupun administrasi sebelum angkutan umum dioperasikan. Perhatikan juga aspek kecepatan saat berkendara,” imbau AKP Tejo Suwono. (*)

Editor : Arif F

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut