get app
inews
Aa Read Next : Kapolda Jateng Apresiasi Keberhasilan Polresta Banyumas Ungkap Kasus Penembakan di Hotel

Ratusan Pemudik asal Jawa Tengah Diangkut Kapal Perang ke Jakarta

Senin, 15 April 2024 | 00:10 WIB
header img
Ratusan Pemudik asal Jawa Tengah Diangkut Kapal Perang menuju Jakarta.

SEMARANG,iNewsMuria.id-Ratusan pemudik asal Jawa Tengah diangkut menggunakan kapal perang menuju Jakarta, Minggu (14/4/2024).

Tercatat ada 470 pemudik dan 116 sepeda motor yang diangkut Kapal Republik Indonesia / KRI Banda Aceh 593 dari Tanjung Mas Semarang menuju Tanjung Priok pada arus balik lebaran tahun ini.

Sebelum bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas, KRI Banda Aceh berangkat dari Surabaya, mengangkut 329 pemudik dan 58 sepeda motor. Dengan begitu, total ada 799 pemudik dan 174 sepeda motor yang diangkut KRI Banda Aceh menuju ibukota.

"Para pemudik mengaku nyaman dan aman selama mengikuti program mudik dan balik gratis pada Lebaran tahun ini yang diselenggarakan TNI AL," kata Danlanal Semarang Kolonel Laut (E) Joko Andriyanto kepada wartawan, Minggu (14/4/2024).

Dalam kesempatan itu, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) beserta stakeholder terkait mengecek kapal dan bertatap muka dengan para pemudik di atas kapal sebelum melepas keberangkatan KRI Banda Aceh menuju Jakarta.

Dikatakan, KRI Banda Aceh 593 memiliki kapasitas sampai 1.000 orang, namun dalam arus balik Lebaran 2024 jumlah penumpang yang diangkut hanya 799 orang. 

Saat mudik kemarin jauh lebih banyak jumlahnya. Namun saat kembali, saat arus balik jumlahnya berkurang. "Mungkin karena ingin berlama-lama di kampung halaman, sehingga sedikit berkurang jumlah pemudiknya," ujar Joko Andriyanto.

Lebih lanjut Danlanal mengatakan, dalam memfasilitasi mudik gratis di tahun ketiga ini TNI AL menggunakan kapal perang. Ini sebagai upaya mengurangi fatalitas kecelakaan pemudik di jalan raya.

"Harapan masyarakat, ke depan agar TNI AL tetap mengadakan mudik naik KRI kalau perlu ditambah rutenya. Karena itu, kami akan menyampaikan dan berkoordinasi dengan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali," tandasnya.

Sebelumnya, Sabtu (6/4) lalu, KRI Banda Aceh 593 berlabuh di Tanjung Mas mengangkut 1.026 pemudik dan 276 motor dari Jakarta di arus mudik Lebaran. Untuk pemudik dari Jakarta yang turun di Semarang 696 orang dan 155 unit motor. Sedang pemudik yang berangkat dari Semarang turun Surabaya 38 orang dan sepeda motor 12 unit.(*)

Editor : Langgeng Widodo

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut