get app
inews
Aa Read Next : Gunakan Empat Kapal, Kapolda Jateng Bagikan Sembako Untuk Nelayan di Tengah Laut

Polda Jateng Jamin Keamanan Pemudik Lebaran 2024, Siap Lakukan Pengawalan Secara Estafet

Rabu, 03 April 2024 | 14:55 WIB
header img
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi memasang tanda ke petugas dalam Apel Gabungan Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi 2024 di Kodam IV Diponegoro, Rabu, (3/4/2024). (dok Humas Polda Jateng)

SEMARANG,iNewsMuria.id- Polda Jateng menjamin keamanan pemudik yang melintas di Jalur Pantura Brebes-Rembang. Bahkan siap mengawal pemudik secara estafet di setiap chekpoin masing-masing kabupaten.

Demikian ditegaskan oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi usai memimpin Apel Gabungan Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi 2024 di Kodam IV Diponegoro, Rabu, (3/4/2024).

“Jadi pengawalan roda dua nanti disiapkan mulai chekpoint Brebes estafet sampai Rembang.  Hal itu juga akan diterapkan terhadap pemudik yang melintas di jalur tengah, jalur selatan dan jalur Daendels," jelas Kapolda Jateng.

Langkah tersebut menurut Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi dilakukan untuk keselamatan pemudik. Karena biasanya subuh berangkat, nanti pemudik dikumpulkan di chekpoin lalu dikawal sampai ke tujuan,” kata Kapolda Jateg.

Apel gabungan gelar pasukan diikuti oleh ribuan personel Polda Jateng, Kodam IV Diponegoro, Polrestabes Semarang, Kodim Kota Semarang, Dishub dan Satpol PP Propinsi Jawa Tengah

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi bertindak sebagai inspektur didampingi Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Deddy Suryadi dan Sekda Propinsi Jateng Sumarno.

Pengamanan arus mudik tersebut digelar dalam bentuk kegiatan operasi kepolisian bersandi Ketupat Candi 2024 selama 14 hari mulai dari tanggal 3 April hingga 16 April 2024.

“Terhitung hari ini sebanyak 12.506 personil gabungan TNI Polri dan Stakeholder terkait tersebar di 142 pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu di seluruh Jawa Tengah,” ujar Kapolda Jateng.

Selain itu menurut Kapolda Jateng, jalur Tol Trans Jawa menjadi perhatian utama karena akan diberlakukan One Way Nasional mulai dari GT Cikatama-GT Kalikangkung mulai 5-9 April 2024. 

Menurut Irjen Pol Ahmad Luthfi, apabila terjadi kepadatan di GT Kalikangkung, pihaknya akan melakukan rekayasa lalulintas dengan memberlakukan One Way Lokal mulai GT Kalikangkung hingga Bawen atau Tingkir.

Tak hanya itu, sambung Kapolda Jateng, untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pemudik yang berwisata di Jawa Tengah, Polda Jateng telah menyiapkan Pos pengamanan di 43 destinasi wisata.

“Prinsip kita TNI Polri dan Stakeholder siap menjamin keamanan masyarakat yang melaksanakan mudik Lebaran 2024 di Jawa Tengah” pungkas Kapolda Jateng. (*)

Editor : Arif F

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut