get app
inews
Aa Read Next : Warga di Desa Katekan Brati Kembali Hadang Truk Galian C, Tak Ingin Jalan Utama Rusak

Mau Lihat Bonsai Seharga Rp1 Miliar, Datang Saja ke Gedung Dewi Sri Danyang Purwodadi

Jum'at, 22 Maret 2024 | 20:46 WIB
header img
Ketua PBI Grobogan Diharto (kanan) didampingi Pembina PBI Grobogan Kukuh Prasetyo Rusady menunjukan tanaman bonsa juara dalam pameran nasional di Purwodadi, Grobogan, Jumat (22/3/2024). (Arif Fajar)

GROBOGAN,iNewsMuria.id - Pameran nasional tanaman bonsai diselenggarakan Penggemar Bonsai Indonesia (PBI) cabang Grobogan di halaman Gedung Serbaguna Dewi Sri, Danyang, Kecamatan Purwodadi, Grobogan.

Pameran yang pertama kali di Grobogan ini sudah berjalan beberapa hari, hingga Jumat (22/3/2024) masih bisa disaksikan warga terutama mereka para penggemar tanaman bonsai.

Pameran yang dibuka Bupati Grobogan Sri Sumarni tersebut, menurut Pembina PBI Grobogan Kukuh Prasetyo Rusady dan Ketua PBI Grobogan Diharto, menampilkan 755 tanaman bonsai.

Peserta pameran paling jauh berasal dari NTT, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Jumlah peserta menurut Kukuh sebenarnya bisa lebih dari itu, namun karena kondisi cuaca jumlah peserta 755.

Apabila tidak terkendala cuaca, apalagi Grobogan sempat dilanda banjir, jumlah peserta lanjut Kukuh bisa mencapai 1.000. Selain pameran juga diselenggarakan lomba bonsai.

"Proses penilaian dilakukan selama 3 hari oleh 6 juri sejak 18 hingga 21 Maret 2024 pagi dan sorenya dibuka Bupati Grobogan. Selama penilaian tidak boleh ada pengunjung masuk," jelas Kukuh dan Diharto.

Menurut Kukuh, kategori lomba yang diikuti para peserta dimulai dari prospek, pratama, madya dan Utama paling tinggi Bintang. Untuk bisa mengikuti kelas-kelas tersebut ada tahapan yang harus ditempuh peserta.


Best In Show di lomba bonsai tingkat nasional adalah pohon Anting Putri milik H Ulin Nuha dari Kabupaten Jepara. (Arif Fajar)

 

Untuk penilaiannya, menurut Diharto, dari akar sebagai penunjang kehidupan, anatomi bonsai (cabang dan ranting) proposional, keindahan, dan performance termasuk tempat untuk meletakan.

"Terpilih sebagai Best In Class dan Best In Show adalah pohon Anting Putri milik H Ulin Nuha dari Kabupaten Jepara," kata Kukuh.

Selain lomba, lanjut Kukuh, dalam kegiatan pameran yang digelar PBI Cabang Grobogan juga ada sharing ilmu. Seperti cara menjadikan bonsai lebih indah, termasuk budi daya dan mendorong ekonomi kreatif.

Sedangkan tanaman yang digunakan untuk bonsai sebagai besar merupakan tanaman yang langka. Seperti Anting Putri, Serut, Santigi dan Kawista Batu.

Mengenai harga tanaman bonsai menurut Kukuh dan Diharto mulai dari puluhan ribu rupiah, puluhan jutaan, ratusan juta, bahkan ada yang sampai Rp1 miliar.

"Bagi yang berminat membeli bisa juga bertransaksi di kegiatan ini. Ada juga sejumlah stand yang menjual bonsai dan perlengkapan pendukungnya. Pameran digelar hingga 26 Maret 2024," tambah Kukuh. (*)

Editor : Arif F

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut