get app
inews
Aa Read Next : Suara Beduk Keramat di Atas Menara Kudus, Tandai Awal Bulan Puasa

Modifikasi dan Lestarikan Kearifan Lokal Tradisi Dandangan dalam Kudus Bersholawat

Selasa, 12 Maret 2024 | 14:34 WIB
header img
Pj Bupati Kudus Dr Muhamad Hasan Chabibie bersama Habib Husein Ja'far Al Hadar dalam Kudus Bersholawat di event dandangan, Sabtu (9/3/2024)

KUDUS,iNewsMuria.id-Tradisi dandangan adalah event yang hampir wajib ada dalam menyambut bulan suci Ramadhan di Kudus. Nah, tahun 2024 ini, kegiatan Kudus Bersholawat jadi salah satu agenda dandangan.

"Dandangan itu warisan Sunan Kudus yang usianya sudah ratusan tahun, sebagai bentuk tahadus binikmah, bersuka ria, bersuka cita menyambut datangnya bulan suci Ramadhan," ujar Pj Bupati Kudus Dr Muhamad Hasan Chabibie di sela acara, Sabtu (09/03/2024)

Dalam event dandangan kali ini ada beberapa modifikasi dari tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini ada kolaborasi, juga gotong royong pihak dandangan.

"Tahun 2024 ini, atas kolaborasi dan gotong royong semua pihak, dandangan mulai disempurnakan sedikit demi sedikit, dengan mengembalikan dandangan pada punjernya di Menara Kudus. Kembalikan dandangan dengan perasaan sukacita untuk menyambut bulan suci Ramadhan," tambahnya

Dandangan tahun ini menghadirkan Habib Husein Ja'far Al Hadar, seniman sekaligus budayawan lalu ditutup dengan sholawat bersama yang diberi tajuk Kudus Bersholawat. Tujuannya untuk melestarikan kearifan lokal tinggalan kanjeng  Sunan Kudus melalui dandangan.

"Selain untuk melestarikan budaya, kami berharap beberapa sentuhan yang diberikan dalam dandangan ini juga bisa membahagiakan warga kudus secara keseluruhan," ujarnya.(*) 

Editor : Langgeng Widodo

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut