get app
inews
Aa Read Next : Warga di Desa Katekan Brati Kembali Hadang Truk Galian C, Tak Ingin Jalan Utama Rusak

Peringati Baden Powell Day, Saka Wanabakti Grobogan Pilih Tanam Pohon

Kamis, 22 Februari 2024 | 16:38 WIB
header img
Anggota Pramuka Saka Wanabakti Kwarcab Grobogan menanam pohon saat memeringati Baden Powell Day, Kamis (22/2/2024). (Istimewa)

GROBOGAN,iNewsMuria.id - Tanggal 22 Februari diperingati sebagai Hari Kepanduan Sedunia, juga diperingati sebagai Baden Powell Day karena bertepatan dengan tanggal kelahiran Bapak Pandu Dunia tersebut.

Di Indonesia Kepanduan atau Pramuka dan Baden Powell juga diperingati setiap tanggal 22 Februari. Seperti yang dilakukan anggota Saka Wababakti Kwarcab Grobogan yang berpengkalan di KPH Purwodadi.

Bertepatan dengan Baden Powell Day, anggota Saka Wanabakti memperingatinya dengan kegiatan unik. Mereka melakukan kegiatan penanaman pohon satu orang minimal satu pohon, mulai Kamis (22/2/2024).

"Anggota Saka Wanabakti minimal menanam satu pohon dalam rangka Baden Powell Day. Lokasinya bisa di halaman, pekarangan dan kebun mereka," jelas Ketua Pimpinan Saka Wanabakti Kwarcab Grobogan, Kak Bambang Sunarto.

Tak sekadar menanam, lanjut Kak Bambang, diharapkan anggota Saka Wanabakti melakukan penanaman pohon dengan mengajak saudara, orang tua bisa juga teman mereka.

Tujuan kegiatan menanam pohon tersebut, menurut Bambang, untuk menumbuhkan rasa peduli  lingkungan kepada adik adik Saka Wanabakti di momentum peringatan Baden Powell Tahun 2024 ini.

Hal ini, sambung Kak Bambang, selaras dengan Krida Bina Wana. Adik adik Pramuka secara tidak langsung melaksanakan praktek dari pencapaian Syarat Kecakapan Khusus (SKK) Penanaman dan Pemeliharaan.

Adapun pohon yang ditanam anggota Saka Wanabakti Kwarcab Grobogan tersebut, tambah Kak Bambang, adalah pohon penghasil buah. Sehingga disamping penghijauan juga memberikan manfaat.

Jadi ini juga bagian dari tugas mereka sebagai anggota Saka Wanabakti, sambung Kak Bambang, tidak hanya menanam tapi juga memelihata agar tumbuh dengan baik.

"Apabila tumbuh dengan baik, maka mereka dinyatakan lulus dan akan mendapatkan Tanda Kecakapan Khusus Penanaman dan Pemeliharaan," ujar Kak Bambang. (*)

Editor : Arif F

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut