get app
inews
Aa Read Next : Merebus Ketupat Untuk Lebaran, Dapur Rumah Warga Grobogan Malah Terbakar

PT KAI: Tiket Kereta Api H-3 Lebaran Bisa Dipesan Mulai 22 Februari 2024

Rabu, 21 Februari 2024 | 15:27 WIB
header img
Penumpang kereta api sedang melakukan pencetakan tiket di salah satu stasiun di wilayah PT KAI Daop 4 Semarang. (Istimewa)

GROBOGAN,iNewsMuria.id – PT KAI (Persero)  memberi kesempatan pelanggan yang hendak mudik melakukan pembelian tiket KA H- Lebaran  yang mulai bisa dipesan mulai Kamis (22/2/2024) dini hari

“Untuk pembelian H-3 Lebaran atau Minggu 7 April 2024 dapat dilakukan pemesanan pada Kamis 22 Febaruari 2024 dini hari,” jelas Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo, dalam keterangan tertulis Rabu (21/2/2024).

Untuk pemesanan lanjut Franoto, dapat dilakukan melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, serta seluruh channel resmi pemesanan tiket KA lainnya.

Menurut Franoto sampai Rabu (21/2/2024) pembelian tiket KA untuk 31 Maret 2024 (H-10 lebaran) sampai dengan 6 April 2024 (H-4 lebaran) masih banyak tersedia. 

Tercatat okupansi keterisian tempat duduk, lanjut Franoto, masih berkisar 9% dibanding jumlah tempat duduk yang disediakan sejumlah 17.270 tempat duduk per harinya.

“Masyarakat kami minta teliti dalam menginput tanggal, memilih rute, dan memasukkan data diri pada saat melakukan pemesanan tiket KA,” tambah Franoto.

Rencanakan perjalanan sebaik mungkin, sambung Franoto, termasuk estimasi waktu perjalanan menuju ke stasiun agar tidak tertinggal keretanya yang hendak digunakan atau dinaiki.

Selain terkait pemesanan tiket, jelang masa Angkutan Lebaran 2024, PT KAI Daop 4 Semarang telah melaksanakan berbagai upaya agar perjalanan kereta api aman lancar dan selamat.

Salah satunya sambung Franoto, mennggencarkan program Management Safety Walkthrough (MSWT), yang melibatkan top manajemen KAI mulai dari Komisaris, Direksi hingga setiap Kepala Daerah.

Yang nantinya, ujar Franoto, akan memeriksa tempat kerja dan seluruh lintas operasional kereta api untuk mengidentifikasi potensi bahaya dan memastikan SOP serta protokol kesehatan pada setiap unit kerja.

“MSWT ini sangat penting untuk menjaga lingkungan kerja yang aman, nyaman, mencegah kecelakaan, serta meningkatkan produktivitas organisasi dan keselamatan serta keamanan perjalanan KA,” terang Franoto.

KAI bersama Dirjen Perkeretaapian Kemenhub telah melaksanakan Rampcheck SPM (Standar Pelayanan Minimum) Angkutan Lebaran 2024 di 7 stasiun pelayanan penumpang dan 12 KA penumpang di wilayah Daop 4 Semarang.

“Pelaksanaan Rampcheck untuk memastikan semua layanan perkeretaapian tersedia dengan baik sesuai dengan SPM khususnya dalam menjelang Angkutan Lebaran 2024,” jelas Franoto. (*)

Editor : Arif F

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut