get app
inews
Aa Read Next : Rel Terendam Banjir, KAI Lakukan Pembatalan dan Rekayasa Perjalanan KA

Mau Naik Kereta Api Periode Nataru, KAI Daop 4 Semarang Sediakan Tarif Khusus Lho

Senin, 25 Desember 2023 | 11:52 WIB
header img
Daop 4 Semarang sediakan tarif khusus untuk tiket KA rute tertentu periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. (Istimewa)

SEMARANG,iNewsMuria.id – Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 selalu ditunggu, karena bersamaan liburan sekolah. Sehingga banyak yang menggunakan untuk bepergian, salah satunya naik kereta api (KA).

Nah bagi yang mau berlibur memanfaatkan transportasi KA, PT Kereta Api Indonesia atau PT KAI (Persero) menyediakan tarif khusus tiket KA selama periode Nataru.

“Yakni bagi penumpang yang membeli mulai 2 jam sebelum keberangkatan ada tarif khusus kereta api, harganya dibawah harga normal,” jelas Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo, Senin (25/12/2023).

Franoto dalam rilisnya menyampaikan bahwa tarif khusus kereta api ini bisa didapatkan melalui aplikasi Access by KAI dan loket stasiun mulai 2 jam sebelum keberangkatan dan selama tempat duduk masih tersedia.

“Melalui program tarif khusus ini diharapkan mampu menarik minat masyarakat untuk menggunakan kereta api, khususnya di libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024,” kata Franoto.

Tapi ingat, lanjut Franoto, tarif khusus ini hanya berlaku untuk perjalanan kereta api dengan rute tertentu. Di wilayah Daop 4 Semarang hanya berlaku di beberapa rute.

Diantaranya: Semarang Tawang Bank Jateng - Surabaya Pasarturi, Semarang Tawang Bank Jateng - Tegal, Tegal - Semarang Tawang Bank Jateng, Tegal - Hargeulis, Tegal - Brebes, Semarang Tawang Bank Jateng - Madiun, Cepu - Surabaya Pasarturi, Weleri - Semarang Poncol, dan Semarang Poncol - Tegal.

“Adapun tarif khusus tersebut untuk kelas Eksekutif mulai dari harga Rp35.000-Rp290.000, untuk kelas Bisnis mulai Rp115.000-Rp210.000 dan kelas Ekonomi mulai Rp25.000-Rp155.000,” ujar Franoto.

Tarif khusus ini menurut Franoto berbeda dengan tiket go show. Karena tiket go show tidak menawarkan harga yang lebih murah dari harga normal dan pembeliannya hanya melalui loket stasiun. 

Tiket go show tambah Franoto, merupakan istilah untuk pembelian tiket kereta api secara langsung di stasiun mulai 3 jam sebelum keberangkatan yang berlaku untuk semua rute. 

Di wilayah Daop 4 Semarang tiket kereta api untuk periode libur Nataru masih tersedia cukup banyak, terhitung sampai Senin (25/12/2023) okupansi masih berkisar 61 persen dari 361.248 tiket yang disediakan.

Tak lupa Franoto mengingatkan untuk saling melindungi sesama akibat dari meningkatnya lagi Covid-19, pelanggan KA untuk menggunakan masker selama di stasiun dan di perjalanan KA.

"Perjalanan dengan kereta api khususnya di masa libur Nataru ini bebas macet, tepat waktu, lebih sehat, nyaman dan aman, serta mengurangi angka kecelakaan di jalan raya," imbuh Franoto. (*)

Editor : Arif F

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut