Logo Network
Network

Universitas Safin Pati Bakal Terjunkan Mahasiswa KKN Di Jepara, Ini yang akan Dikerjakan

Langgeng Widodo
.
Senin, 12 Februari 2024 | 21:17 WIB
Universitas Safin Pati Bakal Terjunkan Mahasiswa KKN Di Jepara, Ini yang akan Dikerjakan
Penandatanganan naskah kerja sama Pemerintahan Kabupaten Jepara dengan Universitas Safin Pati, Senin (12/2/2024).

JEPARA,iNewsMuria.id-Guna mengembangkan potensi wilayah, Pemkab Jepara menggandeng Universitas Safin Pati (USP).

Naskah kerja sama kedua belah pihak ditandatangani Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta, Sekda Edy Sujatmiko dengan Wakil Rektor I USP Masruki Khabib, Senin (12/2/2024) di ruang Command Center Setda Jepara. 

Usai penandatanganan, Pj Bupati Edy Supriyana mengatakan, pihaknya yakin bahwa bantuan pemikiran, konsep-konsep pembangunan dari Universitas Safin Pati akan membantu mempercepat pengembangan potensi wilayah yang sedang dilaksanakan Pemkab Jepara.

Termasuk berkolaborasi menangani persoalan sosial di masyarakat. “Silakan melaksanakan program pengabdian (Kuliah Kerja Nyata, KKN) di sini, kami siap menerima,” ujar Edy Supriyana.

Bahkan Edy mengaku senang, jika semua fakultas diterjunkan saat program pengabdian di Jepara. Harapannya bisa mengatasi masalah sosial, dan mendorong kemajuan perekonomian masyarakat.

"Kami tunggu aksinya nanti. Mudah mudahan kerja sama ini bisa berlanjut,” kata Edy Supriyana.

Wakil Rektor I USP Masruki Khabib mengatakan, rencana pelaksanaan program KKN mahasiswa Universitas Safin Pati pada Bulan Agustus 2024 mendatang.

Ia mengatakan, Jepara adalah kabupaten keempat yang menjalin kerja sama dengan Universitas Safin Pati. Setelah Pati, Kudus, dan Rembang.

“Dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi ini kami membuka kesempatan kepada masyarakat untuk bisa memperoleh akses pendidikan,” tutur Masruki.

Terkait program pengabdian, lanjut dia, USP sudah merintis desa-desa binaan di Jepara. Desa Tempur di Kecamatan Keling, dan Bategede di Nalumsari. "Kita berharap, ke depan desa tempat KKN bertambah lagi,” kata dia.

Dalam KKN nanti, para mahasiswa dan dosen akan melakukan berbagai pembinaan. Meliputi pengembangan potensi desa, seperti sektor pariwisata dan pembinaan UMKM.

"KKN ke depan, USP juga berencana akan menerjunkan mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan. Harapannya bisa memberi pelayanan kesehatan di pelosok-pelosok wilayah." (*) 

Editor : Langgeng Widodo

Follow Berita iNews Muria di Google News

Bagikan Artikel Ini