Logo Network
Network

Semangat! Warga Bersama TNI Polri dan BPBD Grobogan Bersihkan Lumpur Sisa Banjir

Arif Fajar
.
Minggu, 11 Februari 2024 | 08:56 WIB
Semangat! Warga Bersama TNI Polri dan BPBD Grobogan Bersihkan Lumpur Sisa Banjir
Anggota TNI, Polri, BPBD dan warga membersihkan sisa lumpur akibat banjir di Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. (Istimewa)

GROBOGAN,iNewsMuria.id – Kondisi memprihatinkan lingkungan di lokasi bekas banjir di Kecamatan Gubug akibat luapan dan Sungai Tuntang, beredar di sejumlah grup WhatsApp atau WA.

Hal itu langsung mendapat respons dari TNI, Polri, BPBD Grobogan dan sukarelawan yang kemudian turun langsung bergotong-royong bersama masyarakat setempat membersihkan lumpur sisa banjir.

Dengan penung semangat mereka bersama masyarakat membersihkan halaman Masjid Jami Menara An Nur dan lingkungan sekitar lokasi bekas banjir Kecamatan Gubug, Grobogan pada Sabtu (10/2/2024).

Dengan menggunakan berbagai peralatan mereka mulai mendorong sisa lumpur di halaman masjid dan lingkungan ke satu titik. Kemudian lumpur tersebut diangkut ke atas truk.

Sementara sejumlah perabotan juga meja kursi yang terdampak banjir dan kondisinya sudah tidak layak, diangkut oleh anggota TNI, Polri dan BPBD untuk dibuang.

Sebagaimana diberitakan, banjir melanda sejumlah lokasi di Grobogan mulai Selasa (6/2/2024) hingga Rabu (7/2/2024). Tak hanya di Gubug, genangan banjir juga melanda Kota Purwodadi.

Berdasarkan laporan BPBD Grobogan ada 70-an desa dari 16 kecamatan yang terdampak banjir akibat luapan dan jebolnya tanggul sungai di Kabupaten Grobogan.


Barang-barang milik warga yang terdampak banjir di Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. (Istimewa)

 

Menurut Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan kegiatan gotong royong tersebut merupakan salah satu bukti kepedulian TNI, Polri dan Pemerintah kepada warga terdampak banjir.

“Juga salah satu bentuk sinergitas nyata yang ditunjukkan TNI Polri bersama BPBD dalam penanganan bencana di Kabupaten Grobogan,” jelas AKBP Dedy Anung Kurniawan.

Ketia terjadi banjir di Kecamatan Gubug, lanjut Kapolres Grobogan, pihaknya telah melakukan berbagai upaya membantu warga terdampak banjir. Mulai mendirikan dapur umum hingga memberikan bantuan.

”Selama banjir, dapur umum dapur umum telah didirikan kepolisian dalam hal ini Sat Brimobda Jateng, Juga bantuan sembako dan pemeriksaan kesehatan untuk warga terdampak oleh Polres Grobogan,” tambahnya. (*) 
 

Editor : Arif F

Follow Berita iNews Muria di Google News

Bagikan Artikel Ini