get app
inews
Aa Read Next : Banyak Manfaat, BRIN Dorong Peneliti Lakukan Riset Kolaborasi

Ngeri, Perubahan Iklim Bisa Picu Kepunahan pada Tanaman

Minggu, 22 Oktober 2023 | 15:47 WIB
header img
Perubahan iklim bisa picu kepunahan tanaman (Pixabay)

JAKARTA, iNewsMuria.id - Sebagai mahluk hidup yang tidak bisa berpindah atau bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain, sehingga membuatnya rentan terkena efek perubahan lingkungan, termasuk iklim.

Karena itulah, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyebut bahwa perubahan iklim yang memicu kenaikan karbon hingga suhu air laut, menjadi salah satu faktor terbesar yang menyebabkan tumbuhan punah.

Hal ini seperti yang dikatakan periset Ekofisiologi Tumbuhan BRIN Mutiara Pitaloka yang mengatakan bahwa tumbuhan harus dipaksa beradaptasi dengan kondisi apapun.

"Berangkat dari hal itu BRIN melakukan penelitian-penelitian yang berhubungan dengan tumbuhan dan stres yang ada di lingkungan," ujarnya dalam sebuah pernyataan yang dikutip pada Sabtu.

Stres yang dirasakan oleh tumbuhan dipicu oleh berbagai perubahan mulai dari intensitas cahaya, angin, suhu, cahaya, air, kekeringan, dan nutrisi tanah.

Pihaknya tidak bisa bertanya langsung kepada tumbuhan terkait berbagai perubahan tersebut.

Oleh karena itu, pengamatan secara menyeluruh terhadap kondisi tumbuhan dilakukan oleh periset BRIN.

"Pengamatan tersebut bisa dilakukan dari beberapa pendekatan, seperti fisiologi, transkripsional, dan morfologi tumbuhan. Tujuan akhir penelitian itu adalah untuk memperbaiki sifat-sifat tumbuhan supaya menjadi lebih tahan terhadap kondisi lingkungan yang ekstrem tersebut," katanya.

Pihaknya fokus melakukan riset untuk memperbaiki kemampuan tumbuhan beradaptasi dengan kondisi stres kekeringan melalui perbaikan efisiensi penggunaan air.

Riset itu melakukan pendekatan dari stomata yang menjadi pintu bagi keluar masuk udara dan juga salah satu faktor penting bagi proses fotosintesis.

Karbon dioksida dan air masuk melalui stomata kemudian diproses dengan bantuan cahaya dan nanti bisa mengeluarkan oksigen dan memproduksi gula disebarkan ke tumbuhan. Stomata adalah faktor paling krusial bagi proses fotosintesis tumbuhan.

"Kami mengamati bagaimana stomata itu berperan penting untuk memperbaiki kemampuan tumbuhan dalam mempertahankan status airnya," kata Mutiara. (*)

Editor : Langgeng Widodo

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut