get app
inews
Aa Read Next : Punya Banyak Manfaat, Daging Kambing Disebut Lebih Baik daripada Daging yang Lain

Mengandung kolesterol Tinggi, Hindari Konsumsi 5 Lauk Pauk Ini

Selasa, 25 Januari 2022 | 16:18 WIB
header img
hindari makanan berkolestrol berlebihan (foto: healthyeathing)

JAKARTA, iNews.id – Terapat banyak makanan enak dan lezat yang mengandung kolesterol. Utamanya, jika dikonsumsi berlebihan, dapat meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Dalam keseharian kita, rupanya mudah juga ditemukan makanan yang mengandung kolesterol jahat. Anda harus mewaspadai beberapa makanan yang biasanya dijadikan sebagai hidangan lauk pauk. 

Sebut saja beberapa makanan tersebut berupa jeroan, kulit ayam seafood, dan lainnya. Anda, perlu  lebih waspada dalam memilih berbagai menu agar terhindar dari kolesterol. 


khusus bagi penderita kolesterol, wajib jauhi beberapa lauk pauk yang sering dijumpai sehari-hari. Berikut ulasannya dirangkum pada Senin (24/1/2022) kemarin.

1.  Kulit Ayam

kulit ayam teryata memiliki 132 miligram kolesterol per 100 gram. Selain itu, kulit ayam juga mengandung total lemak sebanyak 43,99 gram. Selain tinggi akan kolesterol dan lemak, kulit ayam memiliki kandungan bakteri.  Salah satu bakteri yang kedapatan pada kulit ayam ialah Campylobacter jejuni.

Bakteri ini menjadi pemicu penyakit Campylobacteriosis yang menular. Kebanyakan orang yang terkena penyakit ini akan mengalami diare, sakit perut, dan demam dalam kurun waktu  2–5 hari.

2. Jeroan (usus, ati dan ampela)

Perlu Anda tahu, kandungan kolesterol dalam satu ekor ayam begitu tinggi. Contohnya, setiap ons isi jeroan pada ayam mengandung 8 gram lemak total, yang mencakup 2,7 gram asam lemak jenuh. 
Lemak jenuh kedapatani efek berbahaya pada kolesterol darah, yang secara negatif memengaruhi kadar kolesterol dan berkontribusi pada penyakit kardiovaskular (jantung). Disarankan, agar tidak kosumsi jeroan secara berlebihan.

3. Cumi 

 Makanan tergolong seafood ini memiliki kandungan kolesterol tinggi. Kolesterol meningkat signifikan rata-rata hampir 400 miligram per 3 ons porsi yang dimasak. Saran untuk diet terbaik saat ini, agar kita mengurangi asupan kolesterol hingga kurang dari 300 miligram per hari.

Editor : Achmad Fakhrudin

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut