get app
inews
Aa Read Next : Ajaran Kesalehan Sosial, dalam Perayaan Idul Adha di Masjid Al Hijrah

Bidik Potensi Gondangrejo, Dua Pengusaha Solo Siap Bangun Destinasi Wisata Bernuansa Bali

Senin, 25 September 2023 | 12:55 WIB
header img
Owner Wong Solo Group H. Puspo Wardoyo berkolaborasi dengan pengusaha Katno Hadi berencana mengembangkan obyek wisata di kawasan Gondangrejo, Karanganyar. (Tangkapan layar SM Solo TV)

KARANGANYAR, iNewsMuria.id - Keberadaan pintu exit tol di wilayah Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar dipandang sebagai salah satu potensi bisnis yang menjanjikan.

Karena itulah, upaya pengembangan kawasan ini terutama dari aspek wisata mulai dipikirkan, termasuk oleh dua pengusaha asal Kota Solo, H. Puspo Wardoyo dan Katno Hadi.

Untuk Puspo Wardoyo sendiri, owner Wong Solo Group ini juga telah memiliki sebuah restoran di ruas jalan Solo - Purwodadi yang masuk wilayah Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar.

Karena itulah, Puspo meyakini bahwa upaya pengembangan bisnis wisata di kawasan tersebut akan memiliki masa depan cerah.

Dikutip dari channel Youtube SM Solo TV, Puspo menyebut bahwa Kota Solo menjadi pilihan pendaratan bagi para wisatawan yang akan datang ke Jawa Tengah lewat jalur udara.

Hal ini karena posisi bandara Adi Sumarmo jaraknya relatif dekat dengan beberapa kawasan bisnis dan wisata di Solo raya.

Kondisi yang berbeda terjadi di Jogja, di mana jarak bandara dengan berbagai tempat wisata serta pusat kota sangat jauh.

"Sekarang ini orang lebih banyak yang memilih turun di Solo daripada di Yogjakarta. Karena kalau turun di Solo, mereka bisa lebih dekat ke mana aja. Beda kalau turun di Yogja. Bandaranya jauh. Bisa makan waktu hingga dua jam kalau mau ke kota," jelas Puspo yang diwawancarai saat hadir dalam sebuah acara di Karanganyar.

Untuk itulah, Puspo mencoba menangkap peluang itu dengan mendirikan tempat-tempat wisata yang bisa dijangkau dengan mudah dari bandara.

"Ini peluang besar bagi kita untuk pengembangan bisnis. Karena itulah kita coba bangun tempat-tempat wisata yang tujuannya untuk 'mencegat' para wisatawan yang landing di Solo, agar tidak perlu lagi ke Yogja," lanjutnya.

Puspo sendiri saat ini sudah memiliki destinasi wisata yang lokasinya hanya beberapa menit dari bandara, bernama Kalipepe Land.

Destinasi wisata yang memiliki berbagai wahana bernuansa edukasi dan hiburan tersebut berada di wilayah Desa Gagak Sipat, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali.

Dan ke depan, bersama pengusaha Katno Hadi dirinya menggagas obyek wisata yang di dalamnya terdapat cottage serta berbagai wahana hiburan, yang dikemas dalam nuansa Bali.

Proses pembangunan obyek wisata yang rencananya berada di wilayah Desa Wonorejo tersebut siap dilakukan, setelah perijinan dari Bupati Karanganyar turun. (*)

Editor : Langgeng Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut