get app
inews
Aa Text
Read Next : Shalat Idul Adha di Kalipepe Land, Jadi Momentum Silaturahmi dan Tumbuhkan Kepedulian Sosial

Jutaan Produk MakanKu Sukses Didistribusikan, di Tengah Rumitnya Penyediaan Konsumsi Haji

Minggu, 08 Juni 2025 | 22:16 WIB
header img
Distribusi makanan produk Makanku.

SOLO,iNewsMuria.id-Setiap musim haji, kebutuhan konsumsi jamaah menjadi tantangan besar bagi penyelenggara. 

Dengan jumlah jamaah yang mencapai jutaan orang, memastikan setiap individu mendapatkan makanan yang layak, higienis, dan tepat waktu bukanlah perkara mudah.

Lambatnya proses distribusi yang bisa memakan belasan jam membuat makanan sering kali tiba dalam kondisi kurang layak konsumsi. 

Situasi ini pun menjadi keluhan umum yang dihadapi para jamaah dari tahun ke tahun.

Untuk itulah pihak pemerintah Arab Saudi lantas memilih penyediaan makanan siap saji untuk memenuhi kebutuhan konsumsi tersebut. 

Dan dalam pelaksanaannya, mereka bekerja sama dengan berbagai penyedia layanan makanan, termasuk dari Indonesia.

Salah satu yang dipercaya adalah Wong Solo Group melalui produk unggulannya, MakanKu, yang diproduksi oleh anak usaha mereka PT Halalan Thayyiban Indonesia (PT HATI).

“Pesanan yang dibutuhkan untuk memenuhi konsumsi jamaah haji ini mencapai 7 juta pack. Tapi sejauh ini kami baru bisa memenuhi sekitar 4 juta pack. Sebab kapasitas produksi kami per hari baru sekitar 50 ribu pack,” ungkap H. Puspo Wardoyo, owner Wong Solo Group, saat menghadiri pengajian di Masjid Al Hijrah, Solo pada sabtu 7 Juni 2025.

Untuk menyukseskan pengadaan makanan ini, PT HATI digandeng oleh Mashariq (Motawifs Pilgrims for South-East Asia Countries Company)—lembaga resmi Arab Saudi yang menangani jamaah dari Asia Tenggara.

Kolaborasi ini semakin vital terutama saat rangkaian ibadah puncak di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna), di mana jutaan jamaah terkonsentrasi di area terbatas dan distribusi logistik menjadi sangat sulit. 

“Saat puncak musim haji, kondisi di sana sudah sangat chaos, karena banyaknya orang. Sehingga hanya makanan-makanan praktis seperti MakanKu yang bisa efektif digunakan,” jelas Puspo.

Profesionalitas dalam pelayanan serta kualitas dari rasa masakan menjadi alasan ditunjuknya PT HATI untuk menjadi rekanan penyedia konsumsi haji.

"Setidaknya ada 5 menu yang kita kirimkan seperti rendang, opor dan gule, yang tentunya bisa dengan mudah diterima oleh lidah jamaah haji, terutama asal Indonesia," terang Puspo.

Sementara dalam acara pengajian yang digelar untuk merayakan Idul Adha di Masjid Al Hijrah, seperti biasa Puspo membagikan sedekah berupa makan gratis untuk ribuan warga.

Tak cuma makan gratis, semua warga yang hadir juga diberi uang senilai Rp50 ribu, yang tentu saja membuat suasana di masjid yang berada di tengah Kampung Karangasem Solo itu berubah menjadi begitu ramai.

Masjid Al Hijrah sendiri merupakan simbol transformasi seorang Puspo Wardoyo dari masa lalu yang kelam menuju kehidupan yang penuh ketakwaan dan keberkahan. 

"Nama Al Hijrah ini menandai perjalanan spiritual saya yang meninggalkan segala keburukan untuk kemudian hijrah hingga berhasil seperti sekarang ini," kata Puspo saat memberi sambutan. (*)

Editor : Arif F

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut