get app
inews
Aa Read Next : Antisipasi Gangguan Kamtibmas, Polsek Tawangmangu Sisir Kerumunan Siswa Lulusan Sekolah

Hebat, 4 Siswi SDN 03 Jaten Raih Medali Emas di Gubernur Cup 2023 National Taekwondo Open Tournament

Senin, 28 Agustus 2023 | 15:20 WIB
header img
Para siswi SDN 03 Jaten yang berhasil meraih medali emas di Gubernur Cup 2023, berfoto bersama Kepala Sekolah (tengah) dan para gurunya (foto: ist)

KARANGANYAR, iNewsMuria.id - Prestasi membanggakan berhasil ditorehkan para siswi SDN 03 Jaten, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah di ajang Gubernur Cup 2023 National Taekwondo Open Tournament.

Dalam kejuaraan yang digelar pada tanggal 25 - 27 Agustus 2023 di komplek GOR Jatidiri Semarang tersebut, 4 orang siswi SDN 03 Jaten berhasil meraih medali emas.

Mereka adalah Syifa Azizah dari kelas 5A, yang menjuarai kategori Poomsae / Jurus.

Lalu ada Delisa dari kelas 2 A, Bunga Sukma kelass 5 A, serta Keysa Noor Fadilla dari kelas 6B. Ketiganya meraih medali emas dari kategori Kyurigi / Fight.

Terkait prestasi ini, Kepala SDN 03 Jaten Chatarina Retmawati mengaku senang dan bangga dengan prestasi anak didiknya.

"Sebagai kepala sekolah, tentu saya sangat senang dan bangga atas prestasi yang diraih anak-anak SDN 03 Jaten. Karena hal itu bisa semakin mengharumkan nama sekolah," jelasnya saat dihubungi lewat telepon.

Retmawati sendiri menyebut, bahwa pihaknya selalu berupaya memberi perhatian khusus pada pengembangan minat dan bakat para siswa. 

Hal itu diwujudkan dengan penyelenggaraan berbagai kegiatan ekstra kurikuler di sekolah, yang kesemuanya mendapat dukungan yang maksimal.

"Upaya pengembangan bakat para siswa selalu kami lakukan dengan memberikan fasilitas ekstra kurikuler yang hampir semua cabang.  Baik dari beberapa olahraga, seni lukis, tari, pramuka dan yang lainya," lanjutnya.

Dan upaya itu tidak sia-sia. Karena para siswa SDN 03 Jaten sering berhasil meraih juara dalam berbagai kompetisi, baik itu olah raga maupun akademik.

"Untuk prestasi yang diperoleh selain taekwondo, banyak sekali. Hampir setiap ada lomba di tingkat Dinas Pendidikan pasti dapat juara. Terbaru anak-anak berhasil menjuarai MAPSI, lalu Lomba Siswa Berprestasi, kemudian peserta Jambore terbaik dan masih banyak lagi," tandasnya.

Ke depan Retmawati berharap agar para siswa SDN 03 Jaten bisa terus mempertahankan prestasi dengan terus mengasah kemampuan, untuk menggapai prestasi yang lebih tinggi dan lebih banyak lagi. 

Torehan prestasi para siswi SDN 03 Jaten ini tentu sangat membanggakan. Sebab mereka berhasil menjadi yang terbaik dari ribuan peserta turnamen, yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.

Dari keterangan Wibowo Heru selaku ketua panitia, total peserta dalam turnamen yang memperebutkan piala Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tersebut mencapai 2619 orang.

"Total peserta ada 2619 atlet dari usia anak-anak sampai dewasa," jelasnya.

Dalam turnamen ini pihak penyelnggara membagi dalam 2 kategori, yakni Pomsae dan Kyorugi.

Selanjutnya 2 kategori ini dibagi lagi dalam 2 kelas, yakni Prestasi dan Festival.

Untuk kelas Festival, setidaknya ada 2200 peserta lebih. Sedangkan kelas Prestasi diikuti oleh sekitar 300an peserta.

Dengan keikutsertaan yang merata dari berbagai wilayah di seluruh Indonesia, turnamen ini diharapkan bisa melahirkan bibit-bibit atlet muda berprestasi di masa yang akan datang, khususnya Jawa Tengah.

Apalagi prestasi taekwondo Jawa Tengah terbilang cukup membanggakan. Yang mana terakhir dalam PON Papua, taekwondo Jawa Tengah berhasil meraih 4 medali emas. (*)

Editor : Langgeng Widodo

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut