Logo Network
Network

Jumlah Jamaah Haji dari Embarkasi Solo Tahun Ini Naik 117%, Kloter Pertama Mulai Dibetangkatkan

Langgeng Widodo
.
Rabu, 24 Mei 2023 | 18:46 WIB
Jumlah Jamaah Haji dari Embarkasi Solo Tahun Ini Naik 117%, Kloter Pertama Mulai Dibetangkatkan
Pemberangkatan jamaah haji dari Bandara Adi Soemarmo, Rabu (24/5/2023) dini hari.

BOYOLALI,iNewsMuria.id-Sebanyak 360 jemaah haji Kloter Pertama asal Embarkasi Solo berangkat dari Bandara Adi Soemarmo menuju Arab Saudi pada hari ini Rabu, 24 Mei 2023 pukul 00:30 WIB dini hari dengan menggunakan Maskapai Garuda Indonesia.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Kementerian Agama Kantor Wilayah Jawa Tengah, jemaah Haji yang berangkat dari Bandara Adi Soemarmo berasal dari beberapa Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah.

Yakni, Grobogan, Demak, Kendal, Temanggung, Wonosobo, Purworejo, Kebumen, Brebes, Pemalang, Pekalongan, Batang, Sleman, Bantul, Gunung Kidul, Kulonprogo, Klaten, Karangnyar, Wonogiri, Sragen, Boyolali, Sukoharjo, Cilacap, Purbalingga, Banyumas, Banjarnegara, Pati, Jepara, Kudus, Rembang, Blora, Semarang, Salatiga, Magelang, Tegal, Yogyakarta dan Surakarta.

Adapun total jamaah haji tahun 1444 H / 2023 M dari Bandara Adi Soemarmo berjumlah 33.664 jamaah atau naik 117% dibandingkan tahun lalu.

Manajemen Bandara Adi Soemarmo  telah memastikan kesiapan fasilitas sarana dan prasarana bandara, mulai dari kesiapan alat pendukung penerbangan, persiapan keamanan dan persiapan personil pendukung. 

Selain itu jalur keluar dan masuk kendaraan jamaah haji telah dipersiapkan dengan baik dan sesuai dengan standar keamanan dan keselamatan penerbangan.

Bandara Adi Soemarmo juga menugaskan 15 personel Aviation Security per shift yang akan mengawaki 4 unit mesin X-Ray, 2 unit Hand Held Metal Detector (HHMD) dan 2 unit Walkthrough Metal Detector (WTMD) yang dioperasikan di Asrama haji Donohudan.

"Sehingga diharapkan calon jemaah haji yang memasuki bandara sudah dalam keadaan steril karena telah melewati screening," kata PGS General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Ibnu Solikin dalam siaran pers.

Sementara itu, untuk penerbangan jamaah haji Gelombang I ke Madinah berangkat pada tanggal 24 Mei – 7 Juni 2023 dan Gelombang II ke Jeddah berangkat tanggal 7 – 22 Juni 2023. Sedangkan untuk kepulangan Gelombang I dari Jeddah tanggal 4 – 18 Juli 2023 dan Gelombang II dari Madinah tanggal 19 Juli – 2 Agustus 2023.

Sebelum diberangkatkan dari Bandara Adi Soemarmo, jemaah haji terlebih dahulu menginap semalam di Asrama Haji Donohudan guna dilakukan pemeriksaan  kesehatan, dokumen dan pembekalan dari panitia.(*)

Editor : Langgeng Widodo

Follow Berita iNews Muria di Google News

Bagikan Artikel Ini