get app
inews
Aa Read Next : Masjid sebagai Pusat Ibadah, Pusat Pendidikan, dan Pemberdayaan Ekonomi

Kreativitas, Digitalisasi, dan Sinergi Kunci Ciptakan Nilai Tambah Produk UMKM

Sabtu, 20 Mei 2023 | 09:28 WIB
header img
Pelatihan Onboarding UMKM Soloraya di Hotel Tosan Solo Baru, Jumat (19/5/2023).

SUKOHARJO,iNewsMuria.id-Kreativitas, digitalisasi, dan sinergi merupakan kunci untuk menciptakan nilai tambah dalam memajukan UMKM sebagai kekuatan baru perekonomian nasional di era digital.

Hal itu Kepala Perwakilan Bank Indonesia Solo Nugroho Joko Prastowo ketika memberi sambutan dalam pembukaan pelatihan Onboarding UMKM Soloraya di Solo Baru, Sukoharjo. Hadir dalam pembukaan Sekda Sukoharjo dan Ketua Dekranasda Sukoharjo.

"Bank Indonesia berkomitmen untuk terus mengembangkan UMKM yang berdaya saing dan inovatif agar dapat berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional, serta bersinergi dengan berbagai kementerian dan pemerintah daerah, lembaga dan stakeholder terkait," kata Joko.

Pelatihan Onboarding UMKM Soloraya selama dua hari, 19-20 Mei itu diikuti 110 UMKM lolos kurasi onboarding UMKM, binaan dan mitra KPwBI Solo dan anggota KERSA Sukoharjo.

Dalam pelatihan ini, peserta diberikan materi antara lain terkait Digital Content Development (foto, video, dan copy writing), aktivasi & optimasi media sosial untuk bisnis, sukses jualan online di marketplace, strategi digital marketing untuk bisnis, optimasi fitur promosi di marketplace, aktivasi google business profile, serta membaca dan memahami digital report & analytic  dan praktik.

"Setelah mendapatkan pembekalan dan pelatihan, 50 UMKM akan mendapatkan pendampingan intensif hingga September 2023," kata Joko.

Sementara itu sejalan dengan program e-cataloque yang digalakkan pemerintah melalui Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), UMKM yang telah lolos mengikuti program onboarding dapat lebih mudah memanfaatkan program ini. 

"Dengan peningkatan cakap digital, UMKM peserta ditargetkan dapat menjangkau pasar intansi pemerintah, dimana salah satu ketentuan yang cukup menguntungkan adalah minimal 40% anggaran pemerintah diharapkan dibelanjakan untuk produk UMKM lokal."

Dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Widodo, Bupati Sukoharjo Etik Suryani mengapresiasi kegiatan pelatihan pelatihan Onboarding UMKM tersebut. Pihaknya berharap, kegiatan itu mampu mengakselerasi pertumbuhan ekonomi daerah, khususnya di Sukoharjo.(*) 

Editor : Langgeng Widodo

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut