get app
inews
Aa Read Next : Siswa MAN 1 Grobogan Deklarasikan Dukungan Jawa Tengah Zero Knalpot Brong

Aksi Simpatik Rayakan Kelulusan dari Siswa MAN 1 Grobogan dan SMK Asta Mitra

Sabtu, 06 Mei 2023 | 09:11 WIB
header img
Aksi simpatik berbagi nasi bungkus dilakukan siswa MAN 1 Grobogan saat merayakan kelulusan. (Istimewa)

GROBOGAN,iNewsMuria.id-Aksi simpatik dilakukan siswa Madrasan Aliyah Negeri atau MAN 1 Grobogan dan SMK Asta Mitra Purwodadi, Kabupaten Grobogan saat merayakan kelulusan mereka, Jumat (5/5/2023) sore.

Berbeda dengan aksi pelajar SMA lainnya yang merayakan kelulusan dengan berkonovoi menggunakan sepeda motor, siswa MAN 1 Grobogan justru memilih berbagi nasi bungkus kepada pengemudi becak, ojek dan warga.

"Aksi membagikan nasi bungkus merupakan wujud rasa syukur karena telah lulus. Aksi ini dilakukan setelah siswa MAN 1 Grobogan dinyatakan lulus melalui pengumuman di website," jelas Wakil kepala MAN 1 Bidang Kesiswaan, Mulyo Haryanto, Sabtu (6/5/2023).

Dijelaskan Mulyo Haryanto, untuk tahun ini jumlah siswa MAN 1 Grobogan yang lulus, berasal dari jurusan MIPA sebanyak 207 siswa, jurusan IPS ada 136 siswa, jurusan Kegamaan 33 siswa, dan jurusan Bahasa 32 siswa, total 408 siswa.

Menurut Mulyo Haryanto, jauh-jauh hari pihak sekolah juga sudah menyampaikan himbauan agar siswa MAN 1 Grobogan setelah melihat pengumuman tidak boleh coret-coret baju, dan konvoi. Pengumuman juga disampaikan melalui website MAN 1 Grobogan.

"Siswa diharapkan melakukan kegiatan yang positif, seperti bersedekah dengan berbagi makanan, berterima kasih kepada orang tua dengan sungkem, dan sujud syukur," ujar Mulyo Haryanto.

Aksi simpatik membagikan nasi bungkus kepada pengemudi becak, ojek dan warga yang membutuhkan di kawasan Simpang Lima Purwodadi tersebut menurut siswi kelas XII MIPA 2 MAN 1 Grobogan, Irma Dwi Wulandari sebagai bentuk syukur.

"Kegiatan berbagi nasi bungkus ini baru dilakukan dalam tasyakuran kelulusan tahun ini. Kami ingin kegiatan ini memberikan dampak positif, mengingat MAN 1 Grobogan adalah sekolah berbasis agama dan ilmu pengetahuan yang seimbang," ujar Irma.


Siswa SMK Asta Mitra Purwodadi memilih menyumbangkan baju seragam saat merayakan kelulusan. (Istimewa)

Sementara aksi simpatik dalam merayakan kelulusan juga dilakukan siswa SMK Astra Mitra Purwodadi, Grobogan. Mereka memilih menyumbang baju pantas pakai melalui Polsek Grobogan daripada coret-coret baju dan konvoi.

Menurut Brigitha Chandra Kirana, perwakilan siswa SMK Asta Mitra yang baru lulus, aksi ini sengaja digelar untuk menghindari aksi negatif seperti coret-coret baju seragam dan konvoi di jalan raya. Mereka juga melakukan sujud syukur

"Kami memilih menyumbangkan seragam pantas pakai untuk yang membutuhkan melalui Polsek Grobogan sebagai wujud syukur setelah dinyatakan lulus. Semoga bermanfaat," kata Brigitha.(*)

Editor : Arif F

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut