get app
inews
Aa Read Next : Jelang Pilpres, Budayawan: Jangan Pilih Pemimpin Seperti Dasamuka. Siapa Dia..?

Relawan Jokowi Tak Otomatis Dukung Ganjar, Ahmad Badruttamam : Kami masih Menunggu Arahan

Sabtu, 29 April 2023 | 10:35 WIB
header img
Ketua Sapulidi Nusantara Ahmad Badruttamam, salah satu elemen relawan Jokowi, memberi penjelasan pada wartawan di sela silaturahmi di rumah dinas Wali Kota Surakarta Loji Gandrung, Jumat (28/4/2023) sore.

SOLO,iNewsMuria.id-Berbagai elemen relawan Jokowi tidak otomatis mendukung Ganjar Pranowo, meski si rambut putih itu telah ditetapkan oleh PDIP sebagai calon presiden.

Hal itu dikatakan Ketua Sapulidi Nusantara Ahmad Badruttamam, salah satu elemen relawan Jokowi, di sela silaturahmi di rumah dinas Wali Kota Surakarta Loji Gandrung, Jumat (28/4/2023) sore.

Ahmad Badruttamam mengatakan, dari dukungan yang relaesn berikan kepada Jokowi dalam dua kali Pemilu, secara tidak langsung juga memiliki kewajiban moral untuk mengawal program-program Jokowi, termasuk juga memberikan dukungan terhadap penerus Jokowi pada Pilpres 2024.

Namun, menurut dia, sejauh ini belum ada pernyataan resmi dari Jokowi terkait siapa bakal calon presiden (capres) yang akan didukung. Para relawan masih menunggu arahan dari Jokowi

"Sehingga kami juga menunggu arahan beliau, terkait nanti siapa yang akan beliau dukung untuk jadi penerus beliau. Bukan hanya penerus pemerintahan, tapi yang lebih penting adalah penerus program-program yang dinilai sangat baik dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," kata Ahmad Badruttamam.

Dikatakan, pertemuan Jokowi dengan bakal capres dari PDIP, Ganjar Pranowo, selepas diumumkannya pencapresan Ganjar oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, sempat menimbulkan pertanyaan di kalangan relawan Jokowi soal sinyal dari arah dukungan Jokowi terhadap Ganjar. 

Namun menurutnya selama belum ada pernyataan resmi dari Jokowi terkait dukungan untuk bakal capres tersebut, para relawan Jokowi akan memilih untuk menunggu terlebih dulu. 

"Apalagi Jokowi bukan hanyab bertemu Pak Ganjar. Kita juga lihat Pak Jokowi juga menerima kedatangan Pak Prabowo saat Idul Fitri kemarin. Sehingga selama belum ada pernyataan resmi dari Pak Jokowi, kita akan menunggu," tandasnya.

Sebelumnya di tempat yang sama, para perwakilan relawan Jokowi dari berbagai elemen di sejumlah daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur itu mendapat arahan dari Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kepada wartawan usai pengarahan, Gibran menyebut nama dua calon Presiden dalam Pemilu 2024 yang sudah mengerucut, yakni capres PDIP, Ganjar Pranowo dan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Sementara calon presiden yang diusung oleh Partai NasDem, PKS dan Demokrat yakni Anies Baswedan tidak disebut. "Ditunggu dulu. Nanti akan ada pertemuan berikutnya. Kita fix-kan satu nama siapa," ujar Gibran.

Gibran juga memastikan, keputusan bersama paravrelawan itu konsisten sesuai dukungan yang telah diberikan kepada Jokowi selama ini. "Kalau sinyal-sinyal ditafsirkan sendiri ya. Yang penting satu satu hal yang saya garis bawahi hari ini teman-teman relawan masih semangat," jelasnya.

Editor : Langgeng Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut