Logo Network
Network

Bakdan Ing Sriwedari, Upaya Hidupkan Kembali Kejayaan Taman Sriwedari

Klasik Herlambang
.
Sabtu, 08 April 2023 | 20:14 WIB
Bakdan Ing Sriwedari, Upaya Hidupkan Kembali Kejayaan Taman Sriwedari
Kawasan Taman Sriwedari Solo (Foto: Klasik H)

Setelah beberapa tahun vakum dari kegiatan karena sengketa lahan, tahun ini Taman Sriwedari Solo akan kembali difungsikan.

Adalah event Bakdan Ing Sriwedari yang akan memulai gelaran acara, guna menghidupkan kembali taman legendaris tersebut.

Bakdan Ing Sriwedari sendiri memang baru pertama kali digelar di Kota Solo. Namun demikian event ini sebenarnya adalah kesinambungan dari event tahunan Bakdan Ing Balekambang.

"Kebetulan Taman Balekambang saat ini sedang direvitalisasi. Sehingga kami memindahkan event itu ke Taman Sriwedari. Hal ini karena Taman Sriwedari juga memiliki nilai sejarah yang besar bagi warga Kota Solo. Sehingga kita berharap dengan digelarnya event ini bisa membangkitkan memori akan kebesaran Taman Sriwedari di masa lalu," jelas Reifatma Nurafiani selaku event organizer dari acara ini pada Kamis 6 April 2023.

Beragam acara menarik pun telah disiapkan oleh pihak panitia, yang menggabungkan unsur budaya dan hiburan.

"Event Bakdan Ing Sriwedari akan dimulai pada tanggal 11 hingga 30 April 2023. Dan pada 11 April akan ada acara menarik berupa kirab tumpeng sewu yang bersamaan dengan peringatan malam selikuran. Akan ada kirab prajurit dari keraton menuju ke Taman Sriwedari. Dan bersamaan dengan itu akan ada shalawatan bersama Gus Muwafiq," lanjut Rei.

Tradisi malam selikuran merupakan salah satu wajah islam nusantara yang mewarnai semangat alkulturasi Islam Jawa.

Di tanggal-tanggal berikutnya, Tanggal 12-21 April 2023 akan ada hiburan musik pada sore hari, selain itu di event ini penyelenggara melaksanakan Sriwedari Food Festival serta Sriwedari Shopping Day. 

"Selain itu setiap pengunjung berkesempatan mendapat kupon yang akan diundi dan mendapatkan hadiah.emas Antam," imbuh Rei.

Kegiatan lainya ada pelatihan make up gratis dan juga pelatihan dari crafter by Solo Art Market. Lalu ada live mural dari Bersama Ruang Atas setiap Sore by Solo Is Solo.

Untuk isian acara selain hiburan, workshop akan ada singing competition make up competition serta lomba mewarnai.

Yang paling menarik pada kegiatan ini adanya Horseback Archery yang di ikuti atlet dari luar kota Gladden Jemparing di mana komunitas ini juga berada di kawasan Sriwedari.

Pada tanggal 22-30 April 2023 akan dihibur band band besar di antara lainnya ada Owah geerband, Mcpr, The Flash band, The Dalgaddo, Bapershop, Hunky Dory, New Puspita dan guest star dari Yogyakarta, NDX AKA. 

Acara ini melibatkan lebih dari 100 talent yang akan menghibur, dengan banyaknya komunitas seni dan talent pada event event ini.

"Kita juga bekerjasama dengan aplikasi showbuzz yang akan membantu teman teman talent vendor dapat saling terhubung dengan pihak pencari. Diharapkan event ini, dapat menjadi event tahunan dan dapat menghidupkan Sriwedari lagi," pungkasnya. (*)

Editor : Langgeng Widodo

Follow Berita iNews Muria di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.