get app
inews
Aa Read Next : Ketua DPC PDIP Grobogan Pastikan Gandeng Gerindra dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Grobogan

Jalan Sugihmanik Dibangun PT Semen Grobogan, Ini Pesan Bupati Saat Meresmikan

Rabu, 22 Maret 2023 | 13:27 WIB
header img
Peresmian Jalan Daplang-Sugihmanik yang dibangun PT Semen Grobogan oleh Bupati Grobogan Sri Sumarni, Selasa (21/3/2023). (Istimewa)

GROBOGAN,iNewsMuria.id-Sempat rusak, Jalan Daplang-Sugihmanik yang merupakan jalan kabupaten kini mulus setelah dibangun sepenuhnya oleh PT Semen Grobogan. Bupati Grobogan Sri Sumarni pun berpesan kepada masyarakat terkait fungsi jalan tersebut.

Bupati Sri Sumarni mengatakan, dengan selesainya pembangunan jalan tersebut akan memberi manfaat bagi masyarakat dari dua kecamatan, yakni Kecamatan Tegowanu dan Kecamatan Tanggungharjo. 

"Pesan saya, manfaatkan jalan ini dengan sebaik-baiknya. Jangan digunakan untuk kegiatan yang mengganggu masyarakat. Seperti balapan liar," kata Bupati Sri Sumarni dalam sambutannya, saat peresmian jalan tersebut, Selasa (21/3/2023).

Bupati berharap PT Semen Grobogan bisa berpartisipasi dalam pembangunan jalan di lokasi lainnya. Selain itu juga dapat menyerap tenaga kerja sehingga bisa menggerakan perekonomian warga di sekitar pabrik.

Dalam kesempatan tersebut, setelah selesai pembangunannya jalan tersebut pun kini diberi nama Jl Semen Grobogan. Hal ini mengingat jalan sepanjang 4,9 kilometer tersebut dibangunan sepenuhnya oleh PT Semen Grobogan.

Sebelumnya, jalan tersebut dibangun oleh Pemkab Grobogan, namun kemudian karena dilalui kendaraan berat ke pabrik semen, akhirnya rusak. Setelah itu dilakukan pembetonan pada September 2022 hingga Februari 2023 oleh PT Semen Grobogan.

Secara terpisah Direktur Operasional PT Semen Grobogan Suparni menjelaskan, bahwa pembangunan jalan tersebut menelan anggaran hingga sekitar Rp 83 miliar. 

"Jalan yang dibangun sepanjang 4,9 kilometer dengan lebar 7 meter, dibangun dalam dua tahap, aspal dan cor. Anggarannya sekitar Rp 83 miliar," ujarnya.

Selain dilakukan pembetonan, ada 150 meter jalan yang dilakukan pengaspalan. Yakni di sekitar rel kereta api.

"Ada satu section yang dilakukan pengaspalan, kira-kira 150 meter, yang ada di limpasan kereta api," kata dia.

Suparni juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Gubug karena selama proses pembetonan, akses logistik pabrik semen baik truk dump maupun kendaraan lainnya melewati jalan di Gubug.

Hadir dalam peresmian jalan yang dibangun ulang oleh PT Semen Grobogan, selain jajaran direksi PT Semen Grobogan, Bupati Sri Sumarni, juga ada Kejari Grobogan Ibal, Dandim 0717/Grobogan Letkol Arh Muda Setyawan dan Ketua DPRD Agus Siswanto. (*) 

Editor : Langgeng Widodo

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut