get app
inews
Aa Read Next : Bupati Ajukan RAPBD Grobogan 2025 ke DPRD, Pendapatan Daerah Direncanakan Rp2,8 Triliun

Tari Angguk, Singo Barong Hingga Tayub Meriahkan Kirab Budaya HUT Grobogan

Kamis, 09 Maret 2023 | 06:48 WIB
header img
Bupati Grobogan Sri Sumarni dan Ketua DPRD Agus Siswanto ikut menari bersama kepala desa perempuan dan Kirab Budaya HUT ke-297 Kabupaten Grobogan, Rabu (8/3/2023)

GROBOGAN, iNewsMuria.id-Beragam kesenian tradisional dan juga batik dari 19 kecamatan memeriahkan Kirab Budaya dalam rangka HUT ke-297 Kabupaten Grobogan di sepanjang Jl R Suprapto Purwodadi, pada Rabu (8/3/2023).

Kirab Budaya dibuka langsung oleh Bupati Grobogan Sri Sumarni. Ikut menyaksikan parade seni budaya tersebut, Sekda Grobogan, Ketua DPRD,  Forkompimda Grobogan dan kepala OPD Grobogan.

"Kegiatan ini untuk memperkenalkan ragam budaya Kabupaten Grobogan sekaligus HUT Grobogan. Agar ada suasana  baru kita pilih jalan utama Kota Purwodadi Jl R Suprapto. Semoga masyarakat semakin mengenal budaya Grobogan," jelas Bupati Sri Sumarni.

Peserta kirab dimulai dari Bundaran Simpang Lima Purwodadi berjalan ke utara. Masing masing peserta menampillan atraksi yang cukup menarik dengan iringan gamelan, ada juga angklung, juga atraksi anak-anak penabuh kendang dari Tawangharjo dan seni tayub dari Kecamatan Pulokulon.

Kirab budaya diawali dengan drum band dari SMPN 3 Purwodadi, pasukan bendera Merah Putih dari SMAN 1 Purwodadi , dilanjutkan kepala desa wanita berbaju adat dari beerbagai daerah yang menampilkan tarian. Bahkan Bupati ikut menari bersama para kepala desa wanita.

Setelah itu tampil barongsai dan lion dari Federas Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Grobogan dilanjutkan Grobogan Carnival. Kemudian Dinas Lingkungan Hidup yang membawa Piala Adipura 2023.

Setelah itu tampil satu persatu peserta dari 19 kecamatan yang ada di Kabupaten Grobogan menampilkan atraksi kesenian.  Dari Kecamatan Kedungjati menampilkan tarian Topeng Ireng layaknya kesenian serupa dari Magelang.

Dilanjut penampilan Kecamatan Tanggungharjo berupa tarian Barongan Jaranan. Berbeda dengan peserta lainnya, Kecamatan Karangrayung menampilkan karya berupa batik yang mengangkat corak lokal. Batik tersebut berbagai motif dibawa gadis-gadis cantik.

Tarian Singo Barong menjadi kesenian favorit yang ditampilkan sejumlah peserta. Tentu dengan berbagai kreasi mereka. Penampilan peserta juga diselingi penampilan tarian dari Disporabudpar Grobogan. Ada juga pertunjukan Ketoprak dari Kecamatan Wirosari.

Ada juga penampilan unik dari Kecamatan Kradenan yang menampilkan Tari Angguk. Sembilan penari pria dengan seragam putih dengan pet putih dan membawa kipas dan berkaca mata hitam. 

Para penari yang tak lagi muda mampu menari dengan gerakan cukup luwes. Setiap gerakan tari yang mereka bawakan ditandai dengan bunyi peluit dari salah satu penari yang membawa pecut sebagai pemimpin tarian angguk.

Penampilan peserta dalam Kirab Budaya memeriahkan HUT ke-297 Kabupaten Grobogan juga dinilai panitia dari Disporabudpat untuk memperebutkan juara 1, 2 dan 3. (*) 

Editor : Langgeng Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut