get app
inews
Aa Read Next : Jelang Lebaran 2024, Bupati Grobogan Cek Harga Bahan Pokok dan Stok Gas, BBM

Lantik Kepala Sekolah, Bupati Grobogan Tak Ingin Ada Viral Sekolah Rusak

Rabu, 22 Februari 2023 | 22:11 WIB
header img
Bupati Grobogan Sri Sumarni melantik pejabat struktural, fungsional, kepala sekolah dan kepala UPT Puskesmas di Pendapa Setda Grobogan, Rabu (22/2/2023). (Istimewa)

GROBOGAN,iNewsMuria.id - Bupati Grobogan Sri Sumarni tidak ingin ada lagi viral, gedung sekolah rusak parah di Kabupaten Grobogan, sehingga anak-anak harus belajar di teras dan lokasi lainnya.

"Susun dengan baik data pokok pendidikan atau Dapodik, jangan ada lagi viral gedung sekolah rusak parah," kata Bupati saat melantik Kepala SD, TK, SMP, serta pejabat strukturan dan fungsional, di Pendapa Setda Grobogan, Rabu (22/2/2023).

Dalam kesempatan tersebut, ada 289 Kepala Sekolah Dasar Degeri (SDN) yang juga Korwilcam Bidang Pendidikan. Selain itu ada 1 Kepala TK dan Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN).

Bupati Sri Sumarni dalam sambutannya meminta agar para kepala sekolah bertanggung jawab atas kualitas pendidikan. Juga harus responsif terhadap permasalahan sarana prasarana sekolah dan sumber daya manusia (SDM) guru.

"Perbaiki Dapodik sebagai sumber data informasi sekolahan. Jangan asal diisi, atau bahkan tidak dikerjakan dengan baik. Isi dengan benar dan objektif," jelas Bupati.

Selain pengisian Dapodik dengan baik dan respons terhadapa permasalahan di sekolah, Bupati juga mengingatkan pekerjaan rumah (PR) akan tingginya anak tidak sekolah. Kepala Sekolah harus bisa mengurai dan mencari solusi.

Tak hanya berpesan kepada kepala sekolah yang baru saja dilantik, Bupati Sri Sumarni juga meminta selaku Korwilcam Bidang Pendidikan dalam menjalankan tugas harus mau turun ke lapangan.

Menurut Bupati Sri, Korwilcam Bidang Pendidikan memiliki tugas sebagai koordinator seluruh sekolah di wilayahnya, jangan asal percaya pada laporan, namun harus banyak turun melakukan pengecekan.

"Jika menerima laporan jangan hanya percaya, tetapi lakukan pengecekan ke lapangan. Saudara punya tanggung jawab atas baik buruknya data Dapodik di Grobogan," tegas Bupati.

Selain melantik Kepala Sekolah yang juga Korwilcam Bidang Pendidikan, Bupati juga melantik pejabat strukturan dan fungsional. Seperti Sekretaris Dinas, Camat, Kasubag, dan Kasi juga Kepala UPT Puskesmas.

"Kepada Kepala UPT Puskesmas, PR kita adalah tingginya kematian ibu dan bayi, stunting, pernikahan dini dan beberapa penyakit lainnya. Saudar tentu paham cara mengatasinya," kata Bupati.(*) 

Editor : Langgeng Widodo

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut