get app
inews
Aa Read Next : Kalahkan Tim Sepak Bola Surojenggolo, Tim Kembangan Juara 1 Pordes I Kuwu

Tanggul Sungai di Desa Lemahputih Jebol, Warga dan Anggota TNI Gercep Lakukan Ini

Sabtu, 28 Januari 2023 | 08:49 WIB
header img
Anggota TNI bersama warga Desa Lemahputih, Kecamatan Brati, Grobogan gotong royong menambal tanggul sungai yang jebol, Jumat (27/1/2023). (Istimewa)

GROBOGAN.iNewsMuria.id- Banjir yang melanda Desa Lemah Putih, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan membuat warga setempat waspada. Termasuk ketika ada tanggul sungai yang jebol di Dusun Ngasihan, desa setempat.

Warga pun dengan gerak cepat (gercep) bersama anggota TNI melakukan kegiatan kerja bakti perbaikan tanggul sungai pada Jumat (27/1/2023). Mereka menambal bekal jebolan dengan karung berisi tanah.

Anggota Koramil 13/ Brati Kodim 0717/Grobogan, Sertu Ahmad Hanafi yang merupakan Babinsa Desa Lemah Putih turun langsung bersama warga gotong royong menambal tanggul sungai avour.

Karena avour merupakan akses untuk mengalirkan air dari beberapa lokasi menuju hilir sungai atau pembuangan terakhir. Tujuannya untuk mencegah terjadinya banjir atau genangan air.

Menurut Sertu Ahmad Hanafi, tanggul sungai avour di Dusun Ngasihan, Desa Lemahputih jebol selebar lima meter. Kejadian ini setelah ada banjir kiriman seusai hujan deras beberapa waktu lalu

Mengingat pentingnya fungsi sungai tersebut, maka Babinsa bersama warga segera memperbaikinya agar air tidak masuk areal persawahan yang bisa menyebabkan gagal panen. 

"Rusak ketika tidak bisa menampung debit air saat terjadi banjir akibat hujan deras," katanya.

Warga bersama Babinsa bekerja bakti mengisi karung dengan tanah dan pasir, kemudian karung tersebut ditempatkan di lokasi tanggul sungai yang jebol. 

Kendati bersifat darurat, namun menurut dia, setidaknya karung berisi pasir dan tanah tersebut bisa menghambat laju air jika debit air di sungai avour tinggi. Selain itu kerusakan tanggul juga tidak meluas.

"Ini wujud kemanunggalan TNI dengan masyarakat. Setidaknya karung berisi pasir dan tanah bisa menutup tanggul yang jebol untuk sementara waktu," ujarnya.

Kades Lemahputih, Hartoyo, mengapresiasi langkah dari Babinsa dari Koramil Brati yang bekerja bakti bersama masyarakat melakukan penambalan tanggul yang jebol di Dusun Ngasihan.

"Semoga dengan penambalan tersebut kendati sementara, bisa menahan air sungai tidak melimpah ke area persawahan warga," jelasnya. (") 

Editor : Langgeng Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut