get app
inews
Aa Read Next : Rayakan Ultah ke-30, Staccato Squad Berkomitmen jadi Wadah Bakat Seni Anak-anak di Pelosok Wonogiri

Uji Coba ETLE Mobile Drone di Wonogiri, Sejumlah Pengendara Terpantau Lakukan Pelanggaran

Kamis, 26 Januari 2023 | 22:29 WIB
header img
Satlantas Polres Wonogiri lakukan uji coba ETLE mobile drone (Foto: Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI, iNewsMuria.id - ETLE mobile Drone coba diterapkan oleh Ditlantas Polda Jateng di wilayah hukum Polres Wonogiri. Untuk itu uji coba dilakukan di Simpang Empat Ponten Wonogiri, pada Kamis 26 Januari 2023.

Kasigar Subditgakkum Ditlantas Polda Jateng, Kompol Ilham S Sakti mengatakan ETLE mobile drone sama seperti ETLE statis maupun mobile sebelumnya.

"Ini sifatnya pengembangan dari ETLE yang sudah ada. Jadi sistem atau mekanisme sama," katanya.

Menurut dia, ETLE mobile drone tidak hanya digunakan untuk menindak pelanggaran saja, melainkan juga untuk memantau situasi arus lalu lintas khususnya di titik-titik blankspot di wilayah.

Adapun cara kerjanya sama, jadi ETLE mobile drone juga akan merekam setiap pelanggaran, selanjutnya melalui proses verifikasi yang kemudian pengiriman surat konfirmasi ke pelanggar. 

"Ini era teknologi tentu kita akan berkembang dan menyesuaikan. ETLE statis kan di titik tertentu, kalau ETLE mobile hand held ini untuk menutup ruang yang belum tercover," jelasnya. 

Kompol Ilham mengatakan, Wonogiri menjadi Polres ke -19 yang melakukan uji coba ETLE mobile drone itu. Menurutnya, uji coba tersebut juga sangat efektif. 

"Seperti yang tadi kita lihat, kita baru beberapa menit mengoperasikan drone, ini beberapa pelanggar sudah kita dapatkan," kata Kompol Ilham. 

Pantauan lapangan di Simpang Empat Ponten, ada sejumlah pelanggaran yang terjaring "mata-mata" itu, salah satu yang sering terlihat adalah pelanggaran batas marka jalan. 

Sementara itu, dalam waktu dekat personel Polres wilayah menurut dia juga akan mendapatkan pelatihan penggunaan ETLE mobile drone itu, sehingga jika program itu sudah akan berjalan di wilayah, SDM sudah siap. 

Dia menambahkan, pihaknya juga menggandeng profesional dalam uji coba tersebut, jangan sampai penegakan hukum di jalan itu malah melanggar terkait aturan penggunaan drone itu sendiri. 

"Kita mengimbau masyarakat untuk membudayakan tertib berlalu lintas, disiplin ada atau tidak ada petugas. Ini untuk keselamatan," jelasnya.

Sementara itu, mewakili Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah, Kasubsi Penmas Humas Aiptu Iwan Sumarsono, mengimbau masyarakat tetap mematuhi peraturan lalu lintas saat berkendara.

“Kami imbau masyarakat untuk membudayakan disiplin berlalu lintas, ada atau tidak ada petugas di jalan. Ini demi keselamatan semua pengendara,” kata Iwan yang ikut mendampingi proses uji coba drone ETLE. (*)

Editor : Langgeng Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut