get app
inews
Aa Read Next : Warga di Desa Katekan Brati Kembali Hadang Truk Galian C, Tak Ingin Jalan Utama Rusak

Sambut Imlek 2023, Masyarakat Antusias Saksikan Kirab Barongsai dan Liong di Purwodadi Grobogan

Minggu, 22 Januari 2023 | 15:42 WIB
header img
Barongsai mengambil angpao di Toko Kodok Mas Jalan R Suprapto Purwodadi dalam perayaan tahun baru Imlek 2023, Minggu (22/1/2023). (Arif F)

GROBOGAN,iNewsMuria.id-Event kirab barongsai dan liong atau naga sepanjang Jalan R Suprapto Purwodadi, Kabupaten Grobogan dalam rangka perayaan Tahun Baru Imlek 2023 disambut masyarakat, Minggu (22/1/2023).

Masyarakat sudah menunggu aksi barongsai dan liong dalam perayaan Imlek 2023. Bahkan mereka sejak pagi sudah mendatangi Klenteng Hok Anbio di Jl Brigjen Katamso No 78 Purwodadi.

Warga rela berdesakan dan merekam para pemain barongsai dan liong atau naga yang sedang berlatih. Pertunjukan barongsai memang selalu ditunggu masyarakat. 

Karena saat kirab barongsai dan liong akan melakukan aksi akrobatik. Saat kirab dari Simpang Lima Purwodadi, rombongan barongsai dan liong menyusuri Jl R Suprato juga mempertunjukan atraksi.

Mengetahui adanya kirab barongsai, sejumlah pemilik toko di sepanjang jalan tersebut telah memasang angpao di depan tokonya. Tak hanya itu pemilik toko juga menunggu di depan toko untuk memberikan angpao ke barongsai dan liong.

Sebelum menerima angpao, pemain liong akan melakukan atraksi meliuk-liuk layaknya ular naga. Kemudian sambil menundukan kepala, liong mendekati pemilik toko untuk menerima pemberian angpao.

Atraksi menarik dipertunjukan pemain barongsai ketika hendak mengambil angpao di dalam amplop merah yang gantung di depan toko Kodok Mas Purwodadi. Pemain mengangkat barongsai agar tegak berdiri untuk mengambil angpao yang digantung.

Menurut salah satu pemilik toko, Djuntik, setiap perayaan Tahun Baru Imlek ia sudah menyiapkan angpai, karena memang tokonya selalu dilewati kirab barongsai dan liong. 

"Setiap tahun menyiapkan angpao, harapannya dilewati barongsai Imlek 2023 ini berkah. Sebagai tanda terima kasih kita memberi angpao," jelasnya.

Ketua Yayasan Tri Dharma Purwodadi, Budi Wiguna mengatakan, kirab barongsai dalam rangka perayaan Tahun Baru Imlek 2023 dipercaya membawa berkah untuk semua, terutama yang dilewati barongsai.

Tahun Baru Imlek 2023 menurut Budi, adalah Tahun Kelinci berunsur air sehingga diharapkan seperti binatangnya yang lincah dalam mencari penghidupan di tahun ini.

"Ya seperti kelinci, kita harus lincar untuk mencari penghidupan, ditambah unsur air yang dipercaya membawa berkah. Sehingga jerih payah yang sudah dilakukan memberikan hasil yang baik dan berkah seperti air," ujar Budi.(*) 

Editor : Langgeng Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut