get app
inews
Aa Read Next : Sambut Tahun Baru Imlek 2024, PWI Grobogan dan Polisi Ikut Resik Resik Klenteng

Sambut Tahun Baru Imlek 2023, Klenteng Hok An Bio Purwodadi Bersih-Bersih

Rabu, 18 Januari 2023 | 08:57 WIB
header img
Pembersihan patung-patung di Klenteng Hok An Bio Purwodadi, Grobogan menjelang Tahun Baru Imlek 2023. (Arif F)

Grobogan,iNewsMuria.id-Pengelola Klenteng Hok An Bio Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Senin (16/1/2023), melakukan bersih-bersih patung, altar dan lingkungan klenteng untuk menyambut Tahun Baru Imlek 2023.

Pengurus Yayasan Tri Dharma dan masyarakat umum berdatangan ke Klenteng Hok An Bio sejak Senin pagi. Satu persatu patung yang ada di klenteng dikeluarkan dan dibersihkan.

Proses pembersihan menggunakan lap basah yang kemudian diusapkan ke seluruh bagian patung dengan hati-hati. Pembersihan juga dilakukan dengan kuas.

Tidak hanya itu, altar dan ruang persembahyangan juga dibersihkan. Sehingga seluruh bagian klenteng menjadi bersih kembali.

"Diharapkan dengan bersih-bersih ini semua peralatan sudah dalam keadaan bersih sehingga kami bisa merayakan Tahun Baru Imlek 2023 dengan baik," jelas Ketua Yayasan Tri Dharma, Purwodadi, Budi Wiguna.

Menurut Budi, dalam satu tahun semua peralatan baik itu altar, maupun patung-patung dewa sebagai perlambang untuk pemujaan digunakan. Sehingga perlu dibersihkan agar keadaannya tetap baik.

Mengenai jumlah patung yang ada di Klenteng Hok An Bio Purwodadi yang selama ini dipergunkan untuk pemujaan, Budi Wiguna mengatakan jumlahnya puluhan.

"Jumlah patungnya puluhan, sekitar 40 sampai 50 patung. Karena ini kan Tri Dharma meliputi tiga kepercayaan, yaitu Tao, Konghucu dan agama Buddha," kata Budi.

Karena Tri Dharma meliputi tiga dharma atau tiga kepercayaan, patungnya pun sendiri-sendiri. Termasuk patung dari Sidharta Gautama, patung Dewi Kwan Im dan patung pemujaan Konghucu.

"Untuk patung tuan rumah di Klenteng Hok An Bio Purwodadi adalah patung Hok Tek Cing Sing atau Dewa Bumi," tambahnya. (*) 

Editor : Langgeng Widodo

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut