Logo Network
Network

Sempat Berhenti Dua Tahun, Perayaan Cap Go Meh di Klenteng Hok An Bio Purwodadi Meriah

Arif F
.
Senin, 06 Februari 2023 | 21:45 WIB
Sempat Berhenti Dua Tahun, Perayaan Cap Go Meh di Klenteng Hok An Bio Purwodadi Meriah
Masyarakat antusias menyaksikan pertunjukan barongsai Cap Go Meh di Klenteng Hok An Bio Purwodadi, Grobogan. (Istimewa)

GROBOGAN,iNewsMuria.id - Sempat tidak dilaksanakan selama dua tahun akibat pandemi covid-19, Cap Go Meh yang merupakan puncak Perayaan Tahun Baru Imlek 2023, berlangsung meriah di Klenteng Hok An Bio Purwodadi, Grobogan. 

Masyarakat antusias menyaksikan pertunjukan barongsai dan liong naga yang memeriahkan perayaan Cap Go Meh di klenteng yang terletak di Jl Suhada No 1 Purwodadi, pada Minggu (5/2/2023) malam.

"Kami sangat bersyukur Cap Go Meh bisa terlaksana pada hari ini, setelah sempat terhenti dua tahun akibat pandemi Covid," jelas Ketua Pengurus Tempat Ibadah Tri Dharma Purwodadi, Budi Wiguna, kepada awak media, Senin (6/2/2023).

Menurut Budi Wiguna, pengurus tidak menyangka bahwa malam Cap Go Meh yang merupakan puncak Perayaan Tahun Baru Imlek diminati masyarakat Kabupaten Grobogan. Mereka senang menyaksikan pertunjukan barongsai.

"Tidak menyangka jika pertunjukan barongsai dan liong naga begitu disukai masyarakat. Sehingga mereka menonton sampai selesai," ujarnya.

Bahkan selain memadati lingkungan Klenteng Hok An Bio Purwodadi, beberapa warga yang hadir dalam perayaan Cap Go Meh juga memberikan angpau kepada pemain barongsai dan liong naga.

Ternyata pertunjukan barongsai dan liong naga disenangi masyarakat Purwodadi dan sekitarnya. Sehingga begitu tahu ada petunjukan barongsai, mereka langsung datang ke klenteng.

"Iya, setelah dapat informasi ada pertunjukan barongsai dan liong naga, langsung ke sini. Maklum sudah dua tahun tidak ada perayaan Cap Go Meh," ujar Titin, salah satu warga yang melihat barongsai.

Menurut Budi Wiguna, kehadiran masyarakat Purwodadi dan sekitarnya ikut menyaksikan pertunjukan barongsai dan liong naga saat Cap Go Meh, menunjukan toleransi di Grobogan cukup baik.

Selain pertunjukan barongsai dan liong naga, ada satu lagi yang menjadi ciri khas perayaan Cap Go Meh, yakni suguhan lontong Cap Go Meh. 

"Jadi ada sembahyangan terlebih dahulu, setelah itu kita menikmati suguhan lontong Cap Go Meh di puncak Perayaan Tahun Baru Imlek 2023," kata Budi Wiguna. (*) 

Editor : Langgeng Widodo

Follow Berita iNews Muria di Google News

Bagikan Artikel Ini