get app
inews
Aa Read Next : Kerja Sama Kemenhub dan Pemprov Sumut Pastikan Layanan Transportasi PON XXI Lancar

Paus Emeritus Benediktus XVI Meninggal Dunia di Usia 95 Tahun

Sabtu, 31 Desember 2022 | 19:49 WIB
header img
Paus Emeritus Benediktus XVI. (Istimewa)

VATICAN,iNewsMuria.id-Paus Emeritus Benediktus XVI meninggal dunia di usia 95, Sabtu (31/12/2022), di kediamanya di Vatican, Italia. Kabar duka tersebut disampaikan oleh Tahta Suci Vatican melalui media internal. 

"Dengan rasa duka mendalam kami mengabarkan bawa Paus Emeritus, Benediktus XVI meninggal dunia hari ini pukul 9:34 di Biara Mater Ecclesiae di Vatikan," tulis Vatican News.

Sebelum meninggal dunia, kesehatan Paus Benediktus dikabarkan terus memburuk belakangan ini. Kabar kesehatan yang memburuk itu sempat diungkap Paus Fransiskus dalam sebuah pertemuan umum di Vatican, Rabu (28/12/2022).

"Saya minta Anda memanjatkan doa khusus bagi Paus Emeritus Benediktus yang selalu menopang Gereja dalam ketenangan. Dia sangat sakit," kata Paus Fransiskus.

"Kami memohon kepada Tuhan untuk menghibur dan mendukungnya dalam kesaksian kasih bagi Gereja ini sampai akhir hayatnya," paparnya.

Joseph Ratzinger, kardinal asal Jerman terpilih sebagai Paus ke-265 di usia 78 pada April 2005 dan kemudian mengubah namanya menjadi Paus Benediktus XVI. Dia menjadi Paus tertua yang pernah ditunjuk sejak Paus Clement XII pada 1730-1740.

Namun delapan tahun kemudian, di 2013, Paus Benediktus XVI mengundurkan diri dari jabatannya dengan alasan kesehatan.

Dan pengunduran itu juga yang pertama sejak 600 tahun terakhir dalam sejarah kepausan. Selama ini, para Paus menyelesaikan jabatannya dan baru diganti kalau sudah meninggal dunia.

Setelah Paus Benediktus XVI mengundurkan diri, seorang Kardinal dari Italia, Jorge Mario Bergoglio ditunjuk sebagai pengganti dan namanya menjadi Paus Fransiskus hingga sekarang.(*) 

Editor : Langgeng Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut