get app
inews
Aa Read Next : Main Judi Karambol, Tjap Tji Kia, Domino, dan Qiu Qiu, 13 Pelaku Dikukut Polisi, Kasihan !!!

Pagi-pagi, AKBP Danang Kuswoyo Blusukan Ning Pinggir Sawah, Ini yang Dilakukan

Jum'at, 02 Desember 2022 | 21:45 WIB
header img
Kapolres Karanganyar AKBP Danang Kuswoyo menyerap informasi para warga dalam bincang-bincang Jumat Curhat di pinggir sawah di Desa Jati, Jaten, Karanganyar, Jumat (2/12/2022)

MURIA.iNews.id-Pagi itu, Jumat (2/12/2022), AKBP Danang Kuswoyo melintas di Desa Jati Kecamatan Kabupaten Karanganyar. Tanpa banyak pengawalan, Kapolres Karanganyar itu mendekati kerumunan para petani di pinggir sawah.

Di samping para petani, dalam kerumunan itu juga terdapat Kepala Desa Jati, Haryanto, sesepuh dan tokoh masyarakat lainnya. Tanpa rasa sungkan, mantan direktur intelkam Polda Jawa Tengah itu terlibat pembicaran dengan para petani.

Selain mendengar curahan hati (curhat) dan keluh kesah para petani, seperti pola tanam, masa panen, dan keamanan lingkungan, perwira menengah melati dua itu juga menanyakan beberapa hal, seperti apakah ada kesulitan mendapatkan solar untuk membajak sawah.

Pembicaraan tampak serius tapi juga terlihat santai. Seolah tidak ada sekat diantara mereka, antara polisi dan masyarakat. Para petani menyampaikan keluhan tanpa khawatir, polisi menyampaikan pertanyaan tanpa menakuti.

Ya, apa yang dilakukan Kapolres Karanganyar AKBP Danang Kuswoyo adalah terobosan baru dalam membangun komunikasi langsung dengan masyarakat, sebuah komunikasi tanpa sekat.

Terobosan yang diberi nama "Program Jumat Curhat" itu diharapkan bisa memberi solusi dan mengatasi persoalan di masyarakat, setelah polisi mendengar langsung informasi, keluhan serta keinginan masyarakat. 

Dalam program ini, orang nomer satu dijajaran Polres Karanganyar ini datang langsung menemui masyarakat, untuk mendengarkan keluhan, curhat, maupun menyerap informasi langsung dari warga masyarakat.

"Kegiatan ini akan selalu kita lakukan setiap Jumat,"' kata AKBP Danang Kuswoyo kepada media.

"Kami turun langsung untuk ngobrol dengan masyarakat, guna mengetahui informasi yang berkembang, atau menerima aduan yang bisa segera ditindaklanjuti. Jika berkaitan dengan instansi lain, kami akan berkoordinasi untuk mencarikan solusi," kata Kapolres.

Dalam kesempatan itu, Kapolres juga membuka nomor aduan yang bisa digunakan warga menyampaikan informasi atau persoalan yang butuh ditindaklanjuti polisi. "Silakan sampaikan apa saja yang menjadi kesulitan ke 085186100800. Informasi ataupun aduan yang masuk, akan kami tindaklanjuti," tandasnya.

Sementara itu Kepala Desa Jati Kecamatan Jaten, Haryanta sangat mendukung program Jumat Curhat yang digulirkan Kapolres. Menurut kades, program itu sangat berguna bagi masyarakat. "Masyarakat bisa menyampaikan informasi dan aduan secara langsung kepada polisi," kata Haryanto.(*) 

Editor : Langgeng Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut