get app
inews
Aa Read Next : KA Batara Kresna dan Sepeda Motor Alami Kecelakaan, Kereta api tarlambat 6 menit ke Stasiun Wonogiri

KA Batara Kresna, Kenalkan Perjalanan Wisata, Meski Tak Lama Tapi Dijamin Mengasyikan

Kamis, 01 Desember 2022 | 08:22 WIB
header img
KA Batara Kresna yang bertolak dari Stasiun Purwosari Solo menuju Stasiun Wonogiri tengah melintas di depan Loji Gandrung, rumah dinas wali kota Surakarta, Selasa (29/11/2022).

MURIA.iNews.id-Para traveller, wisatawan, atau backpacker bisa menikmati perjalanan wisata di atas KA Batara Kresna.

Selain sebagai moda transpitasi atau angkutan umum, KA Batara Kresna bisa menjadi alternatif transpotasi wisata masyarakat yang hendak melakukan perjalanan dari Solo ke Wonogiri atau sebalikknya.

Kereta api yang bertolak dari Stasiun Purwosari Solo menuju Stasiun Wonogiri Kota dan melewati tiga stasiun, yaitu Stasiun Solo Kota, Stasiun Sukoharjo, dan Stasiun Pasar Nguter, itu menawarkan perjalanan yang aman, nyaman, mengasyikan, dan anti macet.

KA Batara Kresna adalah satu-satunya kereta api di Indonesia yang perjalanannya membelah keramaian jalan raya di pusat kota dan berjalan beriringan dengan kendaraan lainnya, yakni di sepanjang Jalan Slamet Riyadi Solo.

Tidak berhenti sampai di situ. Selama perjalanan melintas di wilayah Kabupaten Sukoharjo, para penumpang juga bisa melihat lihat pemandangan yang indah area persawahan dengan berbagai aktifitasnya di kanan kiri kereta.

KA atau rail bus Batara juga melintas di Gunung Gandul sebelum berhenti di Stasiun Wonogiri Kota. Di atas gunung tersebut, para penumpang juga bisa melihat sedikit landskap wilayah Kota Wonogiri.

Rail bus Batara Kresna memiliki waktu tempuh dari Stasiun Purwosari ke Stasiun Wonogiri yang berjarak 36,2 km selama 1 jam 45 menit dengan kecepatan 10-30 km/jam.

“Bagi masyarakat yang menghindari macet atau pun menikmati indahnya perjalanan dari Solo ke Wonogiri atau sebaliknya dapat menggunakan KA Batara Kresna," kata Manajer Humas KAI Daop 6 Yogyakarta, Franoto Wibowo.

Hal itu dikatakan di sela "Sosialisasi KA Batara Kresna", Selasa (29/11/2022). Dalam sosialisasi, Daop 6 mengajak 20 wartawan dan komunitas pecinta KA di Soloraya untuk mengikuti perjalanan di atas KA Batara Kresna dari Stasiun Purwosari ke Stasiun Sukoharjo.

Franoto melanjutkan, saat ini terdapat 4 perjalanan KA Batara Kresna dalam sehari, yakni dua kali keberangkatan dari. Dari Stasiun Purwosari ke Stasiun Wonigiri berangkat pukul 06.00 WIB dan 10.00, dari Stasiun Wonogiri ke Stasiun Purwosari pukul 07.45 dan 11.45 WIB.

Harga tiket KA Batara Kresna hanya Rp 4.000 saja. Harga terbilang sangat murah dibanding fasilitas para penumpang yang didapat para penumpang. Para penumpang bisa membeli tike pada hari keberangkatan melalui KAI Access atau secara langsung di loket stasiun sesuai jam buka loket.

“Oleh karenanya bagi masyarakat yang tidak ingin ribet harus datang ke stasiun, belum lagi antri dan masih harus nunggu loket buka, maka bisa memesan tiketnya secara online menggunakan aplikasi KAI Access. Cukup dari rumah, di pesan pada hari keberangkatan, ” jelasnya.(*)

Editor : Langgeng Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut